Tuesday, April 27, 2010

Pemkab Simalungun Berupaya Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Comments
Bupati Simalungun Drs T Zulkarnain Damanik MM mengatakan dari tahun ke tahun Pemkab Simalungun selalu konsentrasi dalam memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat sepanjang kemampuan keuangan yang ada di Pemkab Simalungun.


Untuk Kabupaten Simalungun di bagian atas ini Pemkab Simalungun terus berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan petani agar lebih sejahtera, karena tujuan pemerintah adalah untuk menyejahterakan masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Bupati Simalungun di hadapan masyarakat dalam bimbingan dan arahannya saat menghadiri kegiatan Marsombuh Sihol masyarakat Kecamatan Dolok Pardamean, di halaman SD Negeri Nagori Sibuntuon, kemarin malam.


Kehadiran Bupati Simalungun dalam acara ini bersama para pimpinan SKPD dan pejabat strultural lainnya di jajaran Pemkab Simalungun, disambut seribuan masyarakat Dolok Pardamean.


Dikatakan, untuk melaksanakan pembangunan di daerah ini, Pemkab Simalungun tetap memprioritas daerah-daerah yang sangat membutuhkan sentuhan pembangunan, terutama di daerah sentra pertanian.


Bupati juga berharap, melalui kegiatan Marsomboh sihol yang dilaksanakan masyarakat, dapat lebih menciptakan kebersamaan dan keharmonisan sehingga suasana yang kondusif di daerah ini dapat tetap terjaga dengan baik, terlebih pada 26 Agustus 2010 mendatang daerah ini akan melaksanakan Pilkada.


Sebelumnya, Ketua Panitia Jhon Marudut Saragih dalam laporannya mengatakan, kegiatan Marsombuh Sihol di Kecamatan Dolok Pardamean adalah murni aspirasi masyarakat dari 11 nagori dalam rangka untuk menyatukan langkah membangun kecamatan ini bersama pemkab Simalungun.


Sementara itu, tokoh masyarakat Ruslen Purba mengucapkan terima kasih kepada Bupati Simalungun bersama rombongan yang bersedia menghadiri kegiatan yang dilaksanakan masyarakat tersebut.


sumber : harian global

berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon

Wednesday, April 21, 2010

Bupati Simalungun Akui Izin Pemeriksaan Terbit

Comments
Rabu, 21 April 2010

Sebagai Saksi Dugaan Ijazah Palsu
SIMALUNGUN-METRO; Bupati Simalungun Drs T Zulkarnain Damanik MM mengakui izin pemeriksaan terhadap dirinya telah diterbitkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hanya saja, katanya, pemeriksaan terhadap dirinya sebagai saksi kasus dugaan ijazah SMP-nya yang palsu.

"Benar sudah turun. Tapi saya jelaskan, saya sebagai saksi untuk diminta keterangan," tegas bupati kepada METRO, Selasa (20/4).

Soal banyaknya pihak meributi ijazahnya, bupati justru merendah dan menyerahkan semuanya kepada DPRD Simalungun dan proses hukum.

"Kalaupun ada yang melaporkan, mengintimidasi kepala sekolah dan mantan guru saya, itu hak mereka. Namun, harus dengan cara yang tepat. Kalau memang benar ada masalah itu, saya menyerahkan sepenuhnya kepada DPRD Simalungun dan proses hukum," ungkapnya.

Ia mengatakan, kasus ijazah SMA-nya yang sebelumnya dilaporkan telah diterbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3). Namun demikian, ia tak menaruh dendam atau semacamnya kepada mereka yang melaporkan.

"Biar proses hukum yang membuktikan semua kebenaran. Yang saya harapkan saat ini, Simalungun yang kita cintai ini tetap kondusif. Apalagi menjelang pemilihan kepala daerah," ujarnya.

Ditanya tanggapannya soal seringnya ijazahnya diributi, Zulkarnain mengatakan hal tersebut sebenarnya sedikit mengganggu. Namun, selaku warga negara yang baik dan seorang pemimpin, ia tetap harus turut pada hukum dan menghargai mereka yang melaporkan.

Data METRO, sebelumnya Sekretaris Eksekutif Government Watch (Gowa) Andy W Syahputra melaporkan penggunaan ijazah palsu SMAN 1 Pontianak oleh Zulkarnain Damanik. Namun, dari hasil penyelidikan polisi, ijazah tersebut sah dan kasusnya sudah di-SP3 oleh Polda Kalimantan Barat, sesuai surat No Pol Sp.Sidik/03/X/2006/Dit Reskrim.

Selanjutnya, Zulkarnain melaporkan Andi dengan No Pol LP/2636/K/VII/2006/SPK unit I, tanggal 12 Juli 2006, tentang pencemaran nama baik. Andi sendiri kini berstatus tersangka atas laporan bupati tersebut.

Namun belum lama ini, salah satu LSM dilaporkan Kepala SMP 22 Jakarta dan mantan guru Zulkarnain ke Polda Metro Jaya atas tuduhan telah mengintimidasi mereka untuk membatalkan legalisasi ijazah SMP Bupati Simalungun.

Jaya Sibarani: Klarifikasi ke Jakarta

Menanggapi masalah ijazah tersebut, Ketua Fraksi Golkar Nusantara DPRD Simalungun, Jaya Sibarani mengatakan, DPRD Simalungun perlu berangkat ke Jakarta, yakni ke SMPN 22 dan Polda Metro Jaya untuk mengklarifikasi hal tersebut. "Saya minta kepada pimpinan DPRD Simalungun untuk memberangkatkan para pimpinan fraksi DPRD di Simalungun untuk diberangkatkan ke Jakarta guna mengklarifikasi permasalahan tersebut," tegas Jaya.

Ia berharap, hal itu bukan sebagai upaya memperkeruh suasana, justru mengklarifikasi masalah yang sebenarnya. Ia mengaku kasus dugaan ijazah SMA Bupati sebelumnya sudah di-SP3 dan yang melaporkannya sudah menjadi tersangka atas tuduhan pencemaran nama baik.

Katanya, masyarakat sudah gerah dengan masalah tersebut. Untuk itu wakil rakyat perlu meluruskan masalah tersebut dengan mengklarifikasinya langsung ke Jakarta. "Kita tak mau isu membuat suasana Simalungun tak kondusif, apalagi menjelang pemilukada. Saya minta kepada pimpinan DPRD untuk memberangkatkan pimpinan fraksi mengklarifikasi hal tersebut," tegasnya. (leo)


sumber : METRO SIANTAR

berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon

Manajer SPBU Raya Larikan Uang Penjualan BBM

Comments
Rabu, 21 April 2010

Setelah beberapa waktu lalu, uang hasil penjualan dirampok, pemilik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 14 211 262 Pematangraya, Ir Washington Sipayung, ditimpa musibah lagi. Minggu (18/4), Manajer SPBU tersebut, Fernando Simanjuntak (42), membawa kabur uang tunai Rp45 juta, hasil penjualan bahan bakar minyak (BBM).

Informasi dihimpun dari berbagai sumber, kaburnya Fernando yang selama ini tinggal di sebuah rumah di sebelah SPBU, diketahui salah seorang operator Pompa BBM. Katanya, Minggu (18/4) sekitar pukul 16.00 WIB, para pekerja hendak menyetorkan uang hasil penjualan BBM. Sebagai manajer, Fernando bertugas mengumpulkan uang penjualan, dan menyerahkannya kepada pemilik SPBU, yang kemudian menyetorkan uang itu ke bank. Namun, saat rumahnya didatangi, Fernando tak ada lagi di rumah, begitu juga anak dan istrinya.

Setelah menunggu sekian lama, tak ada tanda-tanda Fernando muncul. Para karyawan pun melapor ke pemilik SPBU.

Keesokan harinya, Senin (19/4) pemilik SPBU datang dan melakukan pengecekan. Akhirnya diketahui Fernando kabur membawa uang Rp45 juta hasil penjualan BBM yang belum sempat disetorkan.

Karena itu, istri pengusaha SPBU, Iriani Girsang STh, melaporkan Fernando ke Mapolres Simalungun.

Dicurigai Terlibat Perampokan

Informasi kaburnya Fernando dengan membawa uang tunai Rp45 juta milik SPBU langsung menyebar ke hampir seluruh wilayah Kecamatan Raya. Tak hanya itu, masyarakat pun ramai memperbincangkan kemungkinan keterlibatan Fernando dalam perampokan sekira dua pekan silam.

"Au yakin do au tarlibat di Juntak ai kejadian perampokan ai. Anggo lang, hanja ma ibtoh perampok ai mamboan duit ondi parhorja ni gallon ai. Huma, kebiasaan ni Juntak on marjudi-judi ai mambaen au roh curiga ni do (Saya yakin, Fernando Simanjutak terlibat perampokan kemarin. Sebab, bagaimana mungkin para permapok tahu ada uang tunai dalam mobil karyawan SPBU. Apalagi, si Juntak itu hobi main judi. Wajarlah saya curiga, Red)," kata St Sumbayak, seorang warga yang kemarin memperbincangkan kasus tersebut di salah satu warung kopi di Merek Raya.

Menurut warga yang ditemui, selain karena kebiasaan buruknya yang suka berjudi, tindakan Fernando kabur dari SPBU dengan membawa uang tunai milik SPBU menambah kecurigaan mereka bahwa Fernando terlibat perampokan. Pasalnya, jika bukan karena dihantui rasa ketakutan, tidak mungkin Fernando kabur meninggalkan pekerjaan yang telah menghidupinya selama beberapa tahun terakhir.

Sementara itu, pemilik SPBU hingga kemarin petang belum berhasil dimintai keterangan. Namun, seorang karyawan yang ditemui kemarin petang mengakui Fernando telah kabur dari SPBU dengan meninggalkan banyak masalah. Namun saat ditanya lebih lanjut masalah yang dimaksud, ia enggan berkomentar banyak.

"Lang na lao roh be ra ai, bahat parsoalanni ijon (kayaknya tidak mungkin lagi Simanjuntak pulang, banyak masalah dia di SPBU ini, Red)," katanya.

Sedangkan pihak kepolisian, ketika dikonfirmasi melalui Kabaghumasy Polres Simalungun Kompol Ramli Sirait didampingi Kapolres Raya AKP H Panggabean saat dikonfirmasi membenarkan kejadian itu. Namun, soal kemungkinan keterlibatan Fernando dalam perampokan karyawan SPBU beberapa waktu lalu, ia mengaku hal itu masih dalam penyelidikan. (ing)

sumber : METRO SIANTAR

berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon


55 Centeng Api Disiagakan

Comments
20 April 2010
SIMALUNGUN(SI) – Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Simalungun menyiagakan 55 centeng api untuk mengantisipasi kebakaran di kawasan hutan saat musim kemarau.


Mereka akan melakukan penanganan awal dan melaporkan jika peristiwa itu terjadi. Kepala Dinas (Kadis) Kehutanan Kabupaten Simalungun Amran Sinaga kepada harian Seputar Indonesiamengemukakan, mereka meningkatkan kewaspadaan terjadinya kebakaran kawasan hutan dengan melakukan pengawasan ketat di kawasan-kawasan hutan yang rawan kebakaran. Kawasan hutan rawan kebakaran di Kabupaten Simalungun berada di lima kecamatan, yaitu Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Dolok Pardamean, Haranggaol, Pematang Silimakuta, dan Dolok Silau. ”Untuk mengantisipasi kebakaran hutan yang sangat rawan terjadi saat musim kemarau, Dishut Simalungun menyiagakan 55 centeng api dan polisi hutan.

Mereka akan meningkatkan intensitas pengawasan dan sosialisasi kepada masyarakat.Kebijakan ini dibuat supaya tidak melakukan pembakaran di sekitar kawasan hutan dalam membersihkan atau membuka lahan perkebunannya,”paparnya. Namun, jika terjadi kebakaran hutan dalam skala besar, Dishut akan meminta bantuan Dishut Provinsi Sumatera Utara untuk penanggulangannya. Dia menambahkan, meski sejauh ini belum ditemukan titik api di kawasan hutan Simalungun, peran centeng api dan polisi hutan sangat dibutuhkan saat musim kemarau. Mereka diharapkan dapat melakukan langkah-langkah awal penanganan kebakaran hutan terutama di kawasan-kawasan hutan yang sulit dijangkau kendaraan bermotor dan melaporkannya ke Dishut Simalungun.

Selain menyiagakan centeng api dan polisi hutan, Dishut Kabupaten Simalungun telah menginstruksikan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dishut di seluruh kecamatan untuk menyosialisasikan upaya mewaspadai kebakaran hutan. Masyarakat diimbau tidak melakukan pembakaran untuk membuka atau membersihkan lahan. Sementara itu, anggota DPRD Simalungun Bernard Damanik mengharapkan para camat dan kepala desa ikut membantu Dishut menyosialisasikan bahaya pembukaan lahan dengan melakukan pembakaran di sekitar kawasan hutan, terutama ketika musim panas ini.

”Para camat dan kepala desa saya harapkan ikut membantu petugas Dishut menyosialisasikan kepada warga untuk tidak melakukan pembakaran untuk membersihkan atau membuka lahan dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan di Simalungun, terutama ketika kondisi cuaca panas seperti saat ini,”pungkasnya. (ricky hutapea)


sumber : seputar indonesia

berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon

PNS Kembali Diingatkan untuk Netral

Comments
20 April 2010
SIMALUNGUN(SI) – Bupati Simalungun HT Zulkarnain Damanik kembali mengingatkan para pegawai negeri sipil (PNS) di jajarannya untuk tidak ikut menjadi tim kampanye dan tim sukses pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun periode 2010–2105.


Dalam apel peringatan Hari Kesadaran Nasional di halaman kantor bupati di Pematang Raya,Kecamatan Raya, Zulkarnain menyatakan akan memberikan sanksi tegas bagi PNS yang melanggar ketentuan itu. Dia menuturkan, sesuai surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No 08/M.PAN/ 2005 tentang netralitas PNS dalam pilkada, telah diatur sanksi yang akan dikenai bagi aparatur pemerintah atau PNS yang menjadi tim kampanye atau tim sukses peserta pilkada. ”Saat ini saya memang sudah banyak menerima laporan keterlibatan PNS sebagai tim sukses salah satu bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun yang akan ikut pilkada, tetapi sejauh ini banyak juga yang belum dapat dibuktikan sehingga belum saya berikan sanksi.

Namun,jika nanti terbukti,saya tidak akan ragu untuk menindaknya,” paparnya. Dia menambahkan, para PNS bebas menentukan pilihannya dalam pilkada nanti, tetapi tidak boleh memengaruhi orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung,untuk memilih salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun. Secara khusus,dia mengharapkan PNS di jajaran Pemkab Simalungun tetap menjalankan tugasnya sesuai tugas pokok dan fungsinya dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Ketua DPRD Simalungun Binton Tindaon mendukung sanksi tegas bagi para PNS di jajaran Pemkab Simalungun yang tidak netral dalam Pilkada 2010.

”Jika memang ada ketentuan yang mengharuskan PNS menjaga netralitasnya dalam pilkada, sebaiknya itu ditegakkan. Bagi yang melanggar, harus diberikan sanksi tegas sehingga aparatur pemerintah memahami jelas posisinya dalam pilkada,”ujarnya. (ricky hutapea)


sumber : sinar indonesia

berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon

Mantan Guru Calon Incumbent Diintimidasi

Comments
Minggu, 18 April 2010
JAKARTA -- Upaya jegal-menjegal menjelang pilkada Kabupaten Simalungun, Sumut, semakin keras. Bahkan, hingga mengorbankan pihak lain yang tidak terkait langsung dengan urusan pencalonan pilkada. Hal itu yang dialami Kepala Sekolah SMP Negeri 22 Jakarta Barat Moh Karim dan mantan guru matematika Bupati Simalungun Zulkarnain Damanik di sekolah itu, Ny.Syamsidar (80).

Keduanya merasa terintimidasi oleh oknum aktivis sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang cabangnya ada Simalungun. Zulkarnain merupakan calon incumbent yang akan maju lagi di pilkada Simalungun, Agustus mendatang. Dia diusung Partai Demokrat dan sejumlah partai lainnya.

Karim bercerita, oknum aktivis LSM itu sudah beberapa kali datang ke SMP 22 Jakarta Barat. Tujuannya, mendesak Karim agar mencabut lagi legalisir ijazah atas nama Zulkarnain Damanik. Karim dan para guru lainnya merasa terganggu dengan ulah oknum LSM itu, terlebih dia datang ke sekolah pada jam-jam pelajaran sedang aktif. Sudah tentu, permintaan oknum LSM itu tidak dituruti. Alasannya, nama Zulkarnain Damanik memang tercatat di buku induk sekolah.

“Kami jelaskan kepada orang LSM itu bahwa dasar dikeluarkannya legalisir ijazah itu ya nama yang bersangkutan harus terdaftar dan tertera di buku induk sebagai siswa. Jadi tak ada alasan kami untuk mencabutnya lagi. Apalagi diperkuat dengan keterangan mantan guru yang pernah mengajar yang bersangkutan,” beber Karim. Meski sudah diberikan penjelasan panjang lebar, namun tetap saja oknum LSM itu datang dan mendesak-desak terus.

"Padahal sudah dijelaskan berkali-kali oleh wakil kepala sekolah. Tetapi masih juga datang. Para guru dan wakil kepala sekolah sudah mengeluh, bahkan sudah ketakutan," ujar Karim saat dihubungi wartawan, Minggu (18/4). Identitas oknum LSM itu sudah diketahui pihak sekolah, lantaran setiap ada tamu harus menulis identitasnya di buku tamu.

Karim dan rekan-rekannya sudah mulai jengah. Rencananya, bila oknum itu datang lagi dan mendesak-desak terus, maka akan dilaporkan ke Polda Metro Jaya. "Karena ini sudah mengganggu dan kami merasa terintimidasi," imbuh Karim.

Dari informasi yang dihimpun JPNN, Ny Syamsidar juga mengalami intimidasi. Oknum LSM juga mendatangi perempuan sepuh itu agar mau memberikan kesaksian palsu terkait ijazah SMP milik Zulkarnain Damanik. (sam/jpnn)

sumber : jpnn

berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon

Jalan Lintas Simalungun-Tanah Karo Rusak Parah

Comments
Senin, 19 April 2010 05:08 WIB

Metrotvnews.com, Simalungun: Jalan lintas Kabupaten Simalungun menuju Kabupaten Tanah Karo di Sumatra Utara, hingga Ahad (18/4) kemarin, masih rusak berat. Kerusakan mencapai 40 kilometer. Akibatnya waktu tempuh yang diperlukan antar-kabupaten itu menjadi lebih lama. Kerusakan terparah terjadi di Kecamatan Merekpurba dan Kecamatan Raya Huluan.

Jika sebelum jalan rusak waktu tempuh hanya satu jam, saat ini pengendara membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam. Kerusakan jalan sepanjang 40 kilometer ini sudah berlangsung cukup lama, namun hingga kini belum ada upaya perbaikan dari pemerintah setempat. Warga berharap segera dilakukan perbaikan, agar perekonomian warga di daerah tersebut bisa meingkat.(RIZ)


sumber : metrotvnews >>>>>ada video nya

berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon

Saturday, April 17, 2010

Kadisdik Simalungun Akui CPNS Guru Dipungli

Comments
Jumat, 16 April 2010

SIMALUNGUN-METRO; Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Simalungun, Jarinsen Saragih SPd mengakui adanya pungutan liar (pungli) di Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Pendidikan Kecamatan Bandar. Pungli tersebut dilakukan oknum terhadap sejumlah calon pegawai negeri sipil (CPNS) tenaga guru dari jalur honorer, saat melengkapi berkas-berkas.

Jarinsen yang ditemuinya di kantornya, Kamis (15/4) kepada METRO mengatakan, sesuai pemberitaan METRO, Selasa (13/4), tentang adanya pungli terhadap CPNS, pihaknya langsung melakukan investigasi ke Kecamatan Bandar. Hasilnya, diperoleh titik terang praktik pungli terjadi di kecamatan tersebut, baik di tingkatan sekolah, maupun di kantor UPTD. Hanya saja, Disdik belum mendeteksi oknum yang melakukan praktik terlarang itu.

"Kita telah lakukan investigasi. Diduga kuat, praktik pungli itu terjadi di Kecamatan Bandar. Namun, kita masih terus lakukan upaya mencari oknum yang melakukan pungli," tegas Jarinsen.

Ditanya upaya yang dilakukan untuk menyelidiki oknum tersebut, pria yang baru beberapa bulan menduduki jabatan Plt Kadisdik itu mengatakan, sejauh ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah kepala sekolah dan Kepala UPTD Disdik Kecamatan Bandar. Hal itu, katanya, dilakukan secara maraton, hingga oknum yang melakukan pungli diketahui. Selain itu, pihaknya juga akan mengumpulkan keterangan dari para CPNS yang mengaku dipungli.

Gratis

Jarinsen juga menegaskan, tidak dibenarkan untuk memungut biaya apapun kepada CPNS yang mengurus pemberkasan. "Tidak ada biaya untuk pemberkasan. Jika ada yang telanjur memberikan, dapat segera meminta kembali. Kami juga telah meminta kepada Kepala UPTD Disdik Bandar untuk mengembalikan dana tersebut jika telanjur dipungut, walaupun dia tidak mengaku mengadakan pemungutan," kata Jarinsen melalui telepon.

Lebih lanjut Jarinsen meminta kepada CPNS yang sedang mengurus pemberkasan untuk tidak memberikan apa pun kepada petugas di Disdik.

"Dipastikan tidak ada aturan pemungutan. Silakan mengurus berkas masing-masing tanpa harus memberikan uang," katanya.

Sementara itu, beberapa waktu lalu beberapa CPNS di Bandar mengaku harus membayarkan Rp400 ribu untuk biaya pemberkasan. Karena jumlahnya dianggap memberatkan, beberapa CPNS mengurungkan niat mengurus pemberkasan.

"Biaya tersebut terlalu memberatkan, karena saat pra jabatan kami juga mengeluarkan biaya. Maka sebagian besar CPNS belum menguruskan pemberkasan," kata R Marbun, salah satu CPNS guru di Bandar.

Marbun menjelaskan, oknum UPTD Pendidikan Bandar menyebutkan dana tersebut untuk biaya pemberkasan sampai ke Medan dan sebagian untuk Kadisdik.

"Praktik pungli masih tetap berlaku di mana-mana, termasuk di dunia pendidikan. Bagaimana bisa maju pendidikan kita," keluhnya.

Ciptakan PNS Bermental Korup

Dihubungi terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Simalungun, Johalim Purba, mengutuk tindakan yang dilakukan oknum di UPTD Pendidikan Kecamatan Bandar, yang melakukan pungli terhadap sejumlah CPNS guru yang mengurus pemberkasan. Seharusnya, menurut dia, para PNS yang lebih senior memberi contoh dan teladan bagi para CPNS. Selain itu, tindakan pungli, kata Johalim, akan membawa dampak buruk bagi masa depan Kabupaten Simalungun.

"Kalau waktu CPNS saja sudah diajari korupsi melalui pungli, otomatis nantinya setelah mereka jadi PNS juga akan coba-coba mencari peluang korupsi. Ini tidak baik bagi kabupaten ini," tukasnya.

Masih menurut Johalim, Disdik dan Bupati Simalungun Drs HT Zulkarnain Damanik MM harus pro aktif mengatasi persoalan ini. Perkara ini, kata Johalim, membutuhkan keseriusan dan ketegasan dari Pemkab Simalungun, dalam hal ini Bupati Simalungun dan Kadisdik. Pemerintah, katanya, harus sesegera mungkin mencari tahu oknum yang melakukan pungli. Setelah diketahui, harus ada sanksi tegas kepada yang bersangkutan, agar dapat membawa efek jera kepada yang lain. (ing/mag-14)

sumber : METRO SIANTAR

berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon


Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kecamatan Bosar Maligas.

Comments


Bosar Maligas,31 Mart.2010 
Untuk,dan demi berkembangnya Budaya Simalungun, Ketua Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kab.Simalungun,membentuk kepengurusan Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kecamatan Bosar Maligas.


Inilah Kepengurusan Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kecamatan Bosar Maligas yang terbentuk pada Tgl.31 Maret 2010 dari hasil rapat di Gedung MUI Pasar Baru/Bosar Maligas

P E N A S E H A T:



1. Muspika Kecamatan Bosar Maligas.
2. Manager Unit PTPN 4.Kebun Bukit Lima.
3. Manager Unit PTPN 4.Kebun Mayang.
4. Manager Unit PTPN 4.Kebun Padang Matinggi.
5. Manager Unit PTPN 4.Gunung Bayu.
6. Manager Distrik PTPN 4.Simalungun.
7. Manager PKS PTPN 3.Sei Mangkei.
8. Manager PT Lonsum Dolok Estate.
9. Manager PT Murida Kebun Maligas A.
10. Manager PT Flora Surya Lestari Kebun Maligas B.
11. Manager PKS PT Harkat Sejahtera.
12. Drs.Diding Yusni Damanik.
13. Ir.H.Iskandar Sinaga.
14. H.Nekman Purba.
15. Drs.H.Amirullah Damanik.
16. Jontari.K.Sinaga.
17. Djungkarem Sinaga.
18. Jainal Damanik.
19. Keliling Sembiring.
20. Menterin I Purba.

P E N G U R U S – H A R I A N.



1. Ketua :a]Ali Sarpati Sinaga,b]Santoso Sinaga.
2. Sekretaris :a]Ajisman Purba,b]Amran Saragih.
3. Bendahara :Masrun Samosir.



S E K S I – S E K S I


1.Seksi Adat,Sejarah dan Aksara

1. Mukdin Sirait.
2. Mesedin Purba,
3. Tumin Damanik.
4. Rahum Damanik.
5. Norbet Damanik.


2.Seksi Seni dan Budaya.


1. Amran Purba.
2. Yahmin Samosir.
3. Risnawati br Sinaga.
4. Sanimah br Purba.
5. Hasan Sirait.
6. Rindaman Sinaga.


3.Seksi Peranan Wanita/Pemuda

1. Norma Sembiring.
2. Dedi Iskandar Syahputra Purba.
3. Nurhadin Sihotang.
4. Rismauli Girsang.
5. Ayu Puspita Sari Manurung.
6. Safari Gurning.
7. Abdul Mu’in Purba,Spdi.
8. Jhonson Sinaga.
9. Marlan Samosir.
10. Nartika Sinaga.
11. Nursimah Damanik.


4.Seksi Kerohanian


1. Esman Manurung.
2. H.Cahaya Sinaga.
3. Abl.Wahid Batu bara.
4. Ahat Purba.
5. Mukiman Manurung.
6. Ramadhan Samosir.
7. Drs Saudarman Lingga.†.
8. Maringan Damanik S.Pd.†.
9. Abdin Sirait.†.
10. J.Sipayung.†.
11. H.Sinaga.†.


5.Seksi Ukir,Gorga dan Urnamen


1. Jonianto Manurung.
2. Resman Purba.
3. Masrun Sinaga.
4. Alisman Saragih.
5. Ngatman Damanik


6.Seksi Humasi,Dokumentasi


1. Rajali Sinaga.
2. Jamres Purba.
3. Aman Sarifudin Sirait.
4. Ridwan Damanik.
5. Jalinson Saragih.
6. Molkah Damanik.
7. Udin Saragih.
8. Surya Darma Samosir.
9. Irwan Manurung.


7.Seksi Masakan Khas Tradisionil.


1. Pujiman Purba.
2. Nurahmad Sinaga.
3. Munden Saragih.
4. Abusari Purba.
5. Udin Damanik.
6. Jasen Sirait.


8.Seksi Dana dan Usaha.


1. Mandan Sinaga.
2. Againgat Damanik.
3. Untung Sihombing.
4. Polman Sinaga.
5. Muadi Sitorus.
6. Aliakbar Purba.
7. Esron Simbolon.
8. Syahrul Tanjung.


9.Seksi Hukum dan Sosial.


1. Tumidi Saragih.
2. Banihasim Sinaga.
3. Bambang Purba.
4. Raidin Saragih.
5. Sarmen Damanik.
6. Jumisdi Saragih.
7. Sahrel Sinaga.
8. Khairudin Damanik.


sumber : maujanaadilmakmur

berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon


Honor Pangulu Triwulan I di Simalungun “Mandek”

Comments
Seruan Bupati Simalungun Drs T Zulkarnain Damanik MM agar honor pangulu dibayarkan setiap triwulan, terkesan diabaikan. Sejumlah para pangulu di Simalungun mempertanyakan masalah lambannya pencairan honor mereka.

Bahkan pertanyaan itu ditujukan kepada para wartawan yang bertugas di lingkungan Pemkab. "Pak Bupati sudah berjanji agar honor kami dapat segera diterima, tidak seperti dulu lagi yang dibayarkan setelah ADD dicairkan, yakni setahun," kata mereka.

Kepala Dinas Pendapatan, Keuangan dan Asset Pemkab Simalungun Drs Duarman Purba saat dikonfirmasi mengaku pihaknya hanya melakukan pembayaran, sementara untuk pembuatan SK perubahan agar honor pangulu yang semula merupakan satu kesatuan dengan anggaran alokasi dana desa (ADD) merupakan tugas dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Nagori (BPMN).


Duarman menyebut, pihak BPMN lamban dalam menyelesaikan tugas untuk menyelesaikan perubahan Surat Keputusan Bupati itu, dan menegaskan sebagai pimpinan dinas yang dikelolanya tidak akan pernah mempersulit pencairan honor tersebut.


"Saya tidak pernah mempersulit. Seandainya SK itu belum siap, tetapi bila nomornya saja pun disampaikan, saya sudah berani membuatkan Surat Perintah Dibayarkan (SP2D)nya. Tetapi kenyataannya hingga sekarang surat itu tidak juga datang," katanya.


Namun, ditempat terpisah, Kepala BPMN Zulkarnain Nasution SE didampingi stafnya Asimar Siregar saat ditemui di kantornya membantah pihaknya lamban mengurus SK perubahan itu.


"Kami sudah sejak tanggal 26 Maret lalu menyerahkan nota dinas Bupati ke Dispenda," katanya.


Menanggapi hal ini Ketua DPRD Binton Tindaon SPd di ruang kerjanya di Raya, Kamis (15/4) kepada Global mengatakan, kondisi ini tidak bisa dibiarkan."Saya juga heran, mengapa honor pangulu itu tak kunjung cair, dan tidak tahu nyangkutnya di mana," katanya.


Binton berharap dengan dibayarkannya honor pangulu tersebut, bisa menjadi insentif (pemacu) semangat kerja bagi pangulu dalam melaksanakan tugasnya. "Jangan honor yang sebesar Rp 1juta yang diharapkan pangulu itu pun macet," tukas Binton pula.


sumber : harian global

berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon

Friday, April 16, 2010

Kaos " LOVE SIMALUNGUN"

Comments




Kaos LOVE IMALUNGUN,,
Warna kaos hitam pakon putih (lihat gambar )
jenis sablon ni rubber..
kaos ni mamake kaos cotton combed 20s,



hargani Rp 55.000 (doma termasuk ongkos kirim)

i produksi oleh garama parraya

anggo dong nasiam na tertarik, butuh informasi lebih jelas, boi manghubungi/ sms :

elfy ruliani sinaga : 085211086200
fb ni elfy : http://www.facebook.com/FyGilzGenaration
garama parraya : 085228765040



Pemesanan mulai sadari on , das hubani 24 april 2010.

Diatei Tupa
Maju Simalungun


Wednesday, April 14, 2010

Polisi Tangani Kasus Dugaan Korupsi Rp 1,7 Miliar di Pemkab Simalungun

Comments
Kasus dugaan korupsi yang terjadi di Pemkab Simalungun dan melibatkan oknum PNS ny Sug(46) warga Jalan Makasar Kelurahan Bantan Kecamatan Siantar Barat Pematang Siantar, mulai ditangani Polres Simalungun yang dalam hal ini tim Tipikor mengawali memeriksa para saksi.

Disebutkan, kejadian dilakukan ny.Sug selaku terlapor sejak 1 Januari 2005 sampai 17 Pebruari 2006, dengan cara terlapor tidak menyetorkan pajak yang dipungut ke kas negara, hingga negara dirugikan sebesar Rp l.743.276.099.







Dalam melakukan penyelidikan terhadap kasus yang melibatkan ny.Sug (mantan pemegang kas ) dan kini telah dipindah tugaskan ke bagian lain, namun masih di Pemkab Simalungun, Polisi menyita sejumlah barang bukti berupa buku APBD 2006, buku kas daerah tanggal 17 Pebruari 2006, SPMU tahun anggaran 2005, buku setor pajak tahun anggaran 2005 dan buku setor ke kas daerah.

Awalnya dugaan kasus korupsi muncul ke permukaan, setelah ada laporan dari pihak Pemkab Simalungun ke Polres Simalungun dan selanjutnya ditangani dengan melakukan penyelidikan.

Hasil penyelidikan kemudian berlanjut dengan memanggil para saksi diduga mengetahui ada kasus korupsi di tubuh institusi Pemkab Simalungun itu.

Saksi saksi yang akan dipanggil di antaranya, Drs Arsyad Damanik (saat itu staf pada Bawasda), Cipta Utama Nasution, Costan Damanik, Drs. Sariaman Saragih (eks Kadis/Sekwilda Simalungun), Drs.Thamrin Simanjuntak dan Drs.A.Muis Nasution (pensiunan/ mantan Sekwilda Simalungun).

Penyelidikan dan akan ditingkatkan menjadi penyidikan terhadap kasus KKN di tubuh Pemkab Simalungun itu, dibenarkan Kapolres Simalungun AKBP Rudi Hartono SH,SiK sewaktu dikonfirmasi wartawan melalui Pahumas Kompol Ramli Sirait didampingi Kasat Reskrim AKP Tito Travolta Hutauruk SiK.

Tersangka dijerat dengan pasal 2(1)pasal 3 UU RI no 31 tahun 1999 tentang korupsi, tambah Hutauruk. (er)
































sumber : analisadaily
berita baru idah nasiam ijon

untuk versi mobile klik nasiam ijon

Tuesday, April 13, 2010

6 KESALAHAN FATAL FACEBOOKER

Comments
Menurut survey, 30% perusahaan menggunakan Facebook untuk menilai calon pegawainya. Jadi, jangan sembarang menulis atau meng-upload sesuatu di account Anda. Hindari 6 kesalahan fatal di bawah ini.

1. Foto profil yang kurang "sopan"
Sekilas tidak ada yang salah dari memasang foto profil yang menunjukkan Anda sedang berpose menggoda atau menenggak sebotol minuman keras. Namun jika foto tersebut dilihat oleh calon atasan, imej profesional Anda akan langsung runtuh.

2. Mengeluh tentang pekerjaan
Bisa berupa keluhan tentang pekerjaan yang menumpuk, atau uneg-uneg akan atasan yang tidak kompeten. Mengeluh itu wajar, namun jika Anda melakukannya di forum publik, lain lagi ceritanya.

3. Menulis sesuatu yang bertentangan dengan isi CV
Anda menulis 1984 sebagai tahun lahir Anda di dalam CV. Tapi di Facebook, tahun lahir Anda 1979. Sekecil apapun perbedaan data diri tersebut, Anda beresiko dicap tidak jujur. Minimal ceroboh dan tidak teliti.

4. Menulis status "mengadu"
Hati-hati saat menulis status seperti, "Tommy nggak masuk hari ini karena "sakit", padahal lagi liburan di Bali. Sementara aku terkurung dengan kerjaan yang menumpuk." Bukan hanya nama baik teman Anda saja yang dipertaruhkan, tapi juga kredibilitas Anda sendiri. Anda akan terlihat licik dan tidak dapat dipercaya.

5. Tidak menggunakan fasilitas Privacy Setting
Kita dapat mengatur siapa saja yang bisa melihat profil lengkap kita, siapa yang tidak bisa melihat foto-foto tertentu, dsb. Sayangnya, tidak semua pengguna Facebook memanfaatkan fasilitas ini. Bahkan banyak yang tidak mengerti atau tidak tahu sama sekali.

6. Pencemaran nama baik
Anda sudah menjaga halaman Facebook Anda baik-baik sehingga terlihat profesional. Tiba-tiba seorang teman meng-upload foto Anda yang sedang mabuk, dan tentunya tak lupa men-tag Anda. Rajin-rajinlah mengecek Facebook Anda sehingga bisa langsung menghapus konten yang tidak diinginkan.


sumber : yahoo indonesia
berita baru idah nasiam ijon

untuk versi mobile klik nasiam ijon

Sunday, April 11, 2010

Apa itu CINTA?

Comments
Apakah telapak tanganmu berkeringat, jantungmu berdetak cepat, dan suaramu tercekat saat berada di dekatnya? * Itu bukan Cinta, itu Suka.

Apakah kamu tak bisa melepaskan pandangan atau genggaman dari dirinya? * Itu bukan Cinta, itu Nafsu.

Apakah kamu menginginkan dia saat dia sedang tidak ada?
* Itu bukan Cinta, itu Kesepian.

Apakah kamu ada di sana karena itulah yang diinginkannya?
* Itu bukan Cinta, itu Kesetiaan.

Apakah kamu menerima pengakuan cintanya karena kamu tak ingin menyakitinya? * Itu bukan Cinta, itu Kasihan.

Apakah kamu ada di sana karena dia memelukmu atau menggenggam tanganmu? * Itu bukan Cinta, itu Ketergantungan.

Apakah kamu ingin memiliknya karena tatapan matanya membuat hatimu berdegup kencang? * Itu bukan Cinta, itu Tergila-gila.

Apakah kamu memaafkan kesalahannya karena kamu peduli padanya? * Itu bukan Cinta, itu Persahabatan.

Apakah kamu mengatakan padanya setiap hari bahwa dialah satu-satunya orang yang kamu pikirkan? * Itu bukan Cinta, itu Dusta.

Apakah kamu ingin memberikan semua benda kesayanganmu untuknya? * Itu bukan Cinta, itu Sikap dermawan.

Apakah hatimu sedih dan sakit saat dia sedang terluka, dan sebisa mungkin ingin mengobati luka hatinya? * Barulah itu Cinta.

Apakah kamu tertarik pada orang lain, tapi tetap setia mendampinginya tanpa pernah menyesal? * Barulah itu Cinta.

Apakah kamu menerima segala kesalahan dan kekurangannya karena itulah bagian dari dirinya? * Barulah itu Cinta.

Apakah kamu menangis saat dia sedih meskipun dia kuat?
* Barulah itu Cinta.

Apakah kamu memafkannya dan bersedia tetap bersamanya saat dia menyakiti? * Barulah itu Cinta.

Apakah kamu tetap setia apapun yang terjadi, baik saat gembira maupun sengsara? * Barulah itu Cinta.

Apakah kamu bersedia memberikan hatimu, hidupmu, dan matimu untuknya? * Ya, itulah Cinta.

Ungkapkan Kata “Cinta” dengan 1000 bahasa

Comments
English – I love you
Afrikaans – Ek het jou lief
Albanian – Te dua
Arabic – Ana behibak (to male)
Arabic – Ana behibek (to female)
Armenian – Yes kez sirumen
Bambara – M’bi fe
Bangla – Aamee tuma ke bhalo aashi
Belarusian – Ya tabe kahayu
Bisaya – Nahigugma ako kanimo
Bulgarian – Obicham te

Cambodian – Soro lahn nhee ah
Cantonese Chinese – Ngo oiy ney a
Catalan – T’estimo
Cheyenne – Ne mohotatse
Chichewa – Ndimakukonda
Corsican – Ti tengu caru (to male)
Creol – Mi aime jou
Croatian – Volim te
Czech – Miluji te
Danish – Jeg Elsker Dig
Dutch – Ik hou van jou
Esperanto – Mi amas vin
Estonian – Ma armastan sind
Ethiopian – Afgreki’
Faroese – Eg elski teg
Farsi – Doset daram
Filipino – Mahal kita
Finnish – Mina rakastan sinua
French – Je t’aime, Je t’adore
Gaelic – Ta gra agam ort
Georgian – Mikvarhar
German – Ich liebe dich
Greek – S’agapo
Gujarati – Hoo thunay prem karoo choo
Hiligaynon – Palangga ko ikaw
Hawaiian – Aloha wau ia oi
Hebrew – Ani ohev otah (to female)
Hebrew – Ani ohev et otha (to male)
Hiligaynon – Guina higugma ko ikaw
Hindi – Hum Tumhe Pyar Karte hae
Hmong – Kuv hlub koj
Hopi – Nu’ umi unangwa’ta
Hungarian – Szeretlek
Icelandic – Eg elska tig
Ilonggo – Palangga ko ikaw
Indonesian – Saya cinta padamu
Inuit – Negligevapse
Irish – Taim i’ ngra leat
Italian – Ti amo
Japanese – Aishiteru
Kannada – Naanu ninna preetisuttene
Kapampangan – Kaluguran daka
Kiswahili – Nakupenda
Konkani – Tu magel moga cho
Korean – Sarang Heyo
Latin – Te amo
Latvian – Es tevi miilu
Lebanese – Bahibak
Lithuanian – Tave myliu
Malay – Saya cintakan mu / Aku cinta padamu
Malayalam – Njan Ninne Premikunnu
Mandarin Chinese – Wo ai ni
Marathi – Me tula prem karto
Mohawk – Kanbhik
Moroccan – Ana moajaba bik
Nahuatl – Ni mits neki
Navaho – Ayor anosh’ni
Norwegian – Jeg Elsker Deg
Pandacan – Syota na kita!!
Pangasinan – Inaru Taka
Papiamento – Mi ta stimabo
Persian – Doo-set daaram
Pig Latin – Iay ovlay ouyay
Polish – Kocham Ciebie
Portuguese – Eu te amo
Romanian – Te ubesk
Russian – Ya tebya liubliu
Scot Gaelic – Tha gradh agam ort
Serbian – Volim te
Setswana – Ke a go rata
Sign Language – ,,,/ (represents position of fingers when signing’I Love You’)
Sindhi – Maa tokhe pyar kendo ahyan
Sioux – Techihhila
Slovak – Lu`bim ta
Slovenian – Ljubim te
Spanish – Te quiero / Te amo
Swahili – Ninapenda wewe
Swedish – Jag alskar dig
Swiss-German – Ich lieb Di
Tagalog – Mahal kita
Taiwanese – Wa ga ei li
Tahitian – Ua Here Vau Ia Oe
Tamil – Nan unnai kathalikaraen
Telugu – Nenu ninnu premistunnanu
Thai – Chan rak khun (to male)
Thai – Phom rak khun (to female)
Turkish – Seni Seviyorum
Ukrainian – Ya tebe kahayu
Urdu – mai aap say pyaar karta hoo
Vietnamese – Anh ye^u em (to female)
Vietnamese – Em ye^u anh (to male)
Welsh – ‘Rwy’n dy garu
Yiddish – Ikh hob dikh
Yoruba – Mo ni fe

sumber : katabijak
berita baru idah nasiam ijon

untuk versi mobile klik nasiam ijon

Tips Sukses Menembak Cewek Idaman

Comments
Bagi kaum cowok/lelaki, wanita adalah sebuah misteri, yang membuatnya selalu menjadi penasaran. Namun justru disitulah letak tantangannya, acara menyatakan cinta atau lebih akrab dikenal dengan istilah ‘penembakan’ tersebut untuk dilakukan. Berbeda halnya dengan tulisan sebelumnya tentang bagaimana menyetakan cinta kepada sahabat, menembak wanita idaman lebih ‘kuat tantangannya’. Karena di sini, pengatahuan tentang medan perang Anda bisa dikatakan sangat minim, namun di lain sisi Anda harus tetap maju berperang. Sebagian Cowok kadang ‘takut’ menyatakan perasaan cintanya kepada cewek idamannya dengan alasan yang bermacam-macam, seperti “Bagaimana kalau ditolak?”, “Jangan-jangan aku bukan laki-laki tipenya?”, “Gimana memulainya” atau “Bagaimana kalau dia ngomong ke teman-temannya, kalo semalam aku baru saja nembak dia?”. Namun bagaimana Anda tahu jawabannya kalau tidak dicoba? Berikut ini adalah Tips sukses yang bisa Anda jadikan referensi persiapan menembak cewek idaman Anda:

1. Tangkap Sinyal. Yang pertama harus Anda lakukan adalah mengenali sinyal dari si dia, positif maupun negatif. Setelah Anda mengenalnya sekian waktu, tentunya Anda bisa menangkap sinyal atau respon yang dia berikan terhadap perkenalan maupun di setiap perjumpaan yang Anda berdua lakukan. Apabila sekiranya responnya positif, seperti misalnya raut wajahnya senang ketika bertemu dengan Anda, merespon sms dari Anda, berinisiatif menelepon Anda pada suatu saat, meminta Anda untuk mengantarkannya ke suatu acara atau mengajak Anda ketemuan di resto tertentu, maka Anda boleh melanjutkan merealisasi mimpi Anda. Namun, kalau responnya negatife, seperti jarang merespon sms Anda, sering menolak diajak jalan atau menghindar bertemu dengan Anda, maka Anda berarti masih butuh waktu untuk melakukan pendekatan atau ekstrimnya, cari saja ‘sasaran tembak’ yang lain.link

2. Percaya Diri. Setelah Anda menangkap respon positif tersebut, maka segeralah untuk merencanakan penembakan. Modal awal yang perlu Anda miliki disini adalah rasa percaya diri. Karena dengan PD tersebut, Anda akan dapat tampil meyakinkan di hadapannya –tapi jangan terlalu over self confidence juga, karena bisa menjadi bumerang bagi Anda. Di lain sisi, cewek yang sudah mengharapkan untuk ditembak, akan sangat menantikan action dari Anda dan akan menganggap Anda sebagai seorang laki-laki yang tegas dan ‘berani’.

3. Pastikan Tempatnya. Tempat juga merupakan poin penting yang berperan pada kesuksesan Anda melakukan penembakan. Hindari tempat-tempat umum atau tempat-tempat gaduh. Cobalah untuk melakukan acara penembakan di tempat yang tenang –dan romantis- seperti di restoran, cafĂ© atau rumah cewek Anda. Hal ini akan lebih menunjukkan kesungguhan Anda kepadanya. Dan hal itulah yang akan menjadi salah satu pertimbangan utamanya untuk menerima atau menolak Anda.

4. Pastikan Waktunya. Usahakan untuk memilih waktu yang tepat untuk menyatakannya, seperti saat-saat ia sedang bersantai, saa ia sedang tidak menghadapi masalah (masalah kampus, masalah kantor, dsb). Pilih juga jam-jam tenang ketika Anda bermaksud menembaknya di rumahnya, biasanya antara pukul 19.00 – 21.00 WIB dan pastikan tidak ada teman lain pada saat itu. Alangkah lebih baik kalau menghindari hari sabtu malam (malam minggu) untuk menembak di rumahnya, hal ini untuk mengantisipasi ‘pesaing-pesaing (comptetitor)’ Anda yang mungkin juga tengah melakukan pendekatan pada si Dia.

5. Siapkan Kata-Kata Sakti. Siapkan kata yang paling tepat dan sesuai Dengan Anda sekaligus memberikan kesan lain ketika menyatakan cinta atau menembaknya. Kata-kata seperti “Aku Cinta Kamu” atau “Aku Suka Sama Kamu” mungkin sudah terlalu biasa dan klise, mungkin Anda perlu menciptakan kata-kata khas yang pas dengan Anda seperti, “Dian, aku pengin serius sama kamu”, “Luna, gimana kalau hubungan ini, kita bawa lebih serius?”, atau ”Hm..Aura, gimana kalau kita pacaran?”, dsb.

6. Sampaikan Alasan Kuat. Ketika Anda memulai melakukan penembakan, persiapkan jawaban dan alasan kuat ketika dia menanyakan “Kenapa harus aku?” atau “Hm..kamu yakin?”. Sampaikan alasan yang singkat, padat dan tidak bertele-tele. Misalnya sampaikan saja, “Jujur, saya bukan mau cari pacar, tapi calon istri” atau “Saya sudah cape dengan hubungan yang tidak ada arah, saya ingin hubungan yang serius” dan sejenisnya.

7. Kendalikan Emosi. Usai Anda menyampaikan ‘proposal’ Anda, beri ruang kepadanya untuk mempertimbangkannya, bisa 5 menit, 1 jam, 1 hari ataupun 1 minggu, karena mungkin dia akan meminta pertimbangan rekan-rekan atau mamanya tentang hubungan tersebut. Hal ini tidak jadi masalah, dan Anda jangan berusaha mendesaknya, karena kedewasaan Anda disini diuji. Sampaikan saja kalau Anda bersedia menunggu jawaban dari si dia, tapi jangan lupa sampaikan batasannya dengan kalimat santai dan senyuman, “Saya harap tidak terlalu lama, karena saya sangat menunggu kepastian kamu”.

sumber : tips anda
berita baru idah nasiam ijon

untuk versi mobile klik nasiam ijon

Pemkab Simalungun Laksanakan Musrenbangda Tahun 2010 Pematang

Comments
Siantar, (Analisa)

Untuk mematangkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2011 dan menyerasikan RKPD Pemkab Simalungun dengan RKPD Provinsi Sumut dan RKP, Pemkab Simalungun melaksanakan Musyawarah perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) tahun 2010.

Pelaksanaan Musrenbangda yang berlangsung di ruang Harungguan Kantor Bupati Simalungun, secara resmi di buka oleh Bupati Simalungun Drs T Zulkarnain Damanik MM, Selasa, (9/3).

Ka. Bappeda Drs Jumsadi Damanik SH MHum dalam laporannya mengatakan, Musrenbangda ini bertujuan untuk menyusun RKPD Kabupaten Simalungun tahun 2011 yang sesuai dengan permasalahan-permasalahan di Kabupaten Simalungun, rencana program dan kegiatan pembangunan antar SKPD, agenda dan program prioritas pembangunan nasional dan agenda serta program prioritas pembangana Provinsi Sumut.

Musrenbangda yang dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 9 s/d 10 Maret 2010 ini diikuti oleh komisi-komisi DPRD, para asisten, pimpinan SKPD, camat dan delegasi kecamatan se-Kab. Simalungun. Musrenbangda ini berthemakan "Manriah membangun tanoh Habonaron Do Bona"

Bupati Simalungun Drs T Zulkarnain Damanik MM saat membuka pelaksanaan Musrenbang ini mengatakan, tahun 2011 adalah tahun pertama Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kedua dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Simalungun tahun 2001-2025.

Oleh karena itu dalam rangka menyusun rencana program dan kegiatan pembangunan tahun 2011 menjabarkan arah dan kebijakan pembangunan lima tahun kedepan.

Dikatakan, ada beberapa isu strategis yang perlu mendapat perhatian antara lain, peningkatan produksi pertanian dan perkebunan, pengentasan kemiskinan, peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat, sarana dan prasaran pendidikan yang masih memerlukan perhatian, infrstruktur jalan dan jembatan dan peningkatan PAD serta perolean dana poerimbangan dari pemerinta pusat.

Untuk itu, bupati berharap, melalui forum ini saat pembahasan dan perumusan rencana program dan kegiatan pembangunan tahun 2011 agar benar-benar memprioritaskan pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur jalan untuk meningkatkan mobilisasi kesentra-sentra produksi pertanian dan perkebunan, setiap SKPD mengarahkan dan memprogramkan pembangunan pada daerah lokasi rumah tangga sasaran sebagai upaya mempercepat pengentasan kemiskinan.

Di samping itu, pembangunan, rehabilitasi dan pengelolaan sarana dan prasarana kesehatan harus di prioritaskan, rehabilitasi gedung sekolah dan pengadaan mobiler sebagai upaya peningakatan kualitas proses belajar mengejar, pemeliharaan dan peningkatan jaringan jalan dan melakukan kajian tentang PAD serta koordinasi dengan pemerinta atasan dalam pengalokasian dan pembangunan.

Turut memberikan sambutan Kepala Bappedasu dalam tertulisnya yang dibacakan Kabid Sosial dan Budaya Junedi Muslim M.Si dan Ketua DPRD Simalungun Binton Tindaon SPd. (ama)


sumber : analisadaily
berita baru idah nasiam ijon

untuk versi mobile klik nasiam ijon

KTP untuk Pelajar Direalisasikan

Comments

SIMALUNGUN (SI) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun mulai merealisasikan kepemilikan kartu tanda penduduk (KTP) bagi pelajar SMA, SMK, dan MA yang telah berusia 17 tahun.


Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Simalungun Revanus Sormin menyatakan, KTP bagi pelajar sekolah menengah yang telah berusia 17 tahun mulai diluncurkan Bupati Simalungun HT Zulkarnain Damanik akhir pekan lalu.Dokumen itu diperoleh 78 pelajar SMA Negeri I Serbelawan, Kecamatan Dolok Batu Nanggar. Dia menambahkan,kepemilikan KTP di kalangan pelajar digagasi Pemkab Simalungun sebagai upaya melengkapi identitas diri pelajar sebagai warga negara sehingga keberadaannya sebagai penduduk Kabupaten Simalungun dilegalisasi.

Di samping itu, dengan memiliki KTP, para pelajar diharapkan ikut berpartisipasi dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) sehingga pelajar ikut menentukan pemimpin daerahnya. Untuk menyosialisasikan kepemilikan KTP di kalangan pelajar, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Simalungun. Sebagai langkah awal,mereka mendata pelajar yang sudah berhak memiliki KTP. Hingga kemarin, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sudah menerima 800 permohonan pembuatan KTP pelajar dari berbagai kecamatan. Untuk tahap awal, pemberian KTP bagi pelajar akan dilakukan melalui sekolah-sekolah.Namun, nantinya pelajar diharapkan mengurusnya melalui kantor kecamatan- kecamatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Simalungun Jarinsen Saragih memperkirakan terdapat sekitar 20.000 pelajar kelas 3 sekolah menengah yang telah berhak memiliki KTP di Kabupaten Simalungun. ”Kami akan menyosialisasikan pembuatan KTP di kalangan pelajar melalui sekolah-sekolah sehingga nantinya kami harapkan seluruh siswa SMA,SMK,dan MA telah memiliki KTP sebagai identitas resmi kependudukannya,” pungkasnya. (ricky hutapea)


sumber : seputar indonesia
berita baru idah nasiam ijon

untuk versi mobile klik nasiam ijon


1.000 Ruang Kelas di Simalungun masih Rusak

Comments
Penulis : Bantors Sihombing

SIMALUNGUN--MI: Dari 2.371 ruangan kelas sekolah dari tingkat SD sampai SLTA di Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara (Sumut), sebanyak 1.000 di antaranya masih rusak. Untuk memperbaikinya diperlukan dana Rp70 miliar, yang diharapkan dibiayai dari APBD dan APBN.

Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Simalungun Jarinsen Saragih, Minggu (11/4) mengatakan perbaikan ruangan kelas di daerah itu sudah dimulai sejak 4 tahun yang lalu, secara bertahap.

"Bila sisa 1.000 ruangan kelas yang masih rusak hingga tahun ini diperbaiki seluruhnya, dengan menggunakan anggaran bantuan keuangan provinsi (BKP),APBN, dan APBD kabupaten, mudah-mudahan pada 2010 ini tidak ada lagi ruangan kelas yang rusak di Simalungun,"ujarnya.
Tahun ini, menurut Saragih, Pemkab Simalungun telah mengalokasikan anggaran perbaikan ruang kelas sebesar Rp65 miliar yang dihimpun dari dana BKP pada APBD induk TA 2010 sebesar Rp12 miliar, APBN Rp46 miliar, dan dana sharing APBD Simalungun sekitar Rp7 miliar.

Bupati Simalungun HT Zulkarnain Damanik, lanjutnya, memberikan perhatian yang sangat besar untuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan yang layak digunakan untuk proses belajar mengajar (PBM) sehingga sejak empat tahun kepemimpinannya, perbaikan sarana pendidikan sebagai salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan menjadi prioritas.

Anggota DPRD Simalungun, Rospita Sitorus memberikan apresiasi yang tinggi atas kerja keras Pemkab Simalungun mengupayakan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan di daerah itu, khususnya ruangan kelas yang rusak. Perbaikan ruangan kelas itu memang menjadi kebutuhan yang sangat mendesak untuk memberikan kenyamanan bagi guru dan siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

"Kondisi ruangan kelas yang rusak jelas akan memengaruhi semangat para pelajar dan guru untuk melaksanakan proses belajar mengajar.Jika seluruh ruangan kelas di sekolah-sekolah sudah diperbaiki, mutu pendidikan di daerah ini diharapkan akan semakin baik,"ujarnya.

Ia meminta Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Simalungun memprioritaskan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, khususnya ruang kelas di sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil.(BS/OL-02)


sumber : mediaindonesia
berita baru idah nasiam ijon

untuk versi mobile klik nasiam ijon

Friday, April 9, 2010

Sopo Ni Garama

Comments
love simalungun...ulang maila marbahasa simalungun, age ija nasiam marianan





untuk i facebook, boi i idah nasiam ijon,,,

http://www.facebook.com/video/video.php?v=1081073868960


Thursday, April 8, 2010

Bupati Simalungun dan LIRA Damai

Comments
SIMALUNGUN-METRO; Pemkab Simalungun bersama LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA), berdamai dan sepakat bersama-sama membangun Kabupaten Simalungun. Kesepakan ini tercetus ketika Gubernur LIRA Sumut, Drs Hendrik H Sitompul MM bertemu dengan Bupati Simalungun, Drs T Zulkarnain Damanik MM, di ruang kerja Bupati, di Pamatang Raya, Rabu, (7/4).

Selain berkonsep membangun Kabupaten Simalungun, dalam audiensi tersebut, Gubernur LIRA menyampaikan permohonan maaf atas kinerja DPD LIRA Simalungun di Kabupaten Simalungun.

Hendrik Sitompul menyadari kinerja anggotanya (LIRA Kabupaten Simalungun) tidak mengikuti AD/ART maupun ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan lembaga ini. "Kami mengganti kepengurusan LIRA Kabupaten Simalungun yang ada saat ini, karena mereka kurang mematuhi AD/ART," kata Sitompul.

Hendrik juga menjelaskan, esksistensi LIRA di daerah bukan untuk kepentingan pribadi, tetapi membantu kepentingan rakyat dan ingin bermitra dengan pemerintah dalam mewujudkan Good Governance.

Sementara itu, Bupati Simalungun mengatakan, pada prinsipnya Pemkab Simalungun akan memberikan dukungan kepada lembaga-lembaga masyarakat yang bertujuan untuk membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Artinya, eksistensi LSM di daerah ini janganlah dijadikan sebagai sarana untuk kepentingan pribadi.

"Mari bersama-sama membangun Kabupaten Simalungun yang lebih baik di masa yang akan datang. Saya akan terus berupaya menjadi pemimpin yang baik dan jujur serta selalu berupaya menepati janji," kata Zulkarnain.

pada audiensi tersebut Gubernur LIRA didampingi Sekda LIRA Sumut, Febri Dalimunthe, Dir Lembaga Hukum LIRA, Alexander Bukit dan Wali Kota LIRA Pematangsiantar, Naham Edward Sijabat.

Bupati didampingi Kaban Kesbang, Politik dan Perlindungan Masyarakat, Ramli Damanik SH dan beberapa pejabat struktural Pemkab Simalungun. (leo/rel)

sumber : metrosiantar
berita baru idah nasiam ijon

untuk versi mobile klik nasiam ijon


6 Pejabat Simalungun yang Main Judi, Resmi Jadi Tersangka

Comments
PEMATANGSIANTAR (EKSPOSnews): Setelah diperiksa secara maraton, akhirnya enam pejabat eselon III Pemkab Simalungun yang tertangkap main judi kartu, ditetapkan penyidik Polresta Pematangsiantar sebagai tersangka. Demikian dikatakan Pahumas Polresta Pematangsiantar, AKP Muslim, Kamis (8/4).

Sampai dengan kemarin, tidak ada keistimewaan khusus diberikan polisi, bahkan tidak ada penangguhan penahanan diberikan terhadap para pejabat teras tersebut. Meski menurut AKP Muslim, seharusnya penyidik bisa saja tidak menahan para tersangka, namun itu tidak dilakukan penyidik.

Mengenai alasan harus dikenakan penahanan, Pahumas itu tidak menjelaskannya.

Sesuai informasi yang diterima sebelumnya, keenam pejabat yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan itu adalah Kakan Sat Pol PP, Ojahan Nainggolan, Kabag Umum S Saragih, Kabag Hukum SML Simangunsong, Kabag Tapem Jhoni Saragih, Camat Dolok Panribuan Pahala Sinaga dan Camat Hatonduhan Nikhon Andreas Simamora. Ke enam pejabat ini tertangkap main judi disalah satu rumah di Jalan Dalil Tani, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematangsiantar, Selasa (6/4) sekitar pukul 22.00 WIB.

Sementara itu, tertangkapnya enam pejabat teras Pemkab Simalungun ini mendapat tanggapan dari anggota DPRD Simalungun, Johalim Purba.

Menurut dia, pejabat merupakan publik pigur, yang sikap dan tindakannya, seharusnya menjadi panutan dan contoh bagi masyarakat umum. Dengan begitu, seorang pejabat harus mampu bertingkah dan bersikap baik dan wajar.

Tertangkapnya enam pejabat ini, menunjukkan di Kabupaten Simalungun masih ada ditemukan pejabat yang tidak layak menjadi pejabat, karena gagal memberi contoh yang baik kepada masyarakat. Dengan begitu, menurutnya posisi jabatan mereka pantas dievaluasi.

Anggota dewan dari Partai Demokrasi Pembaharuan (PDP) ini mengharapkan supaya Bupati Simalungun, T Zulkarnain Damanik menunjukkan sikap dan prilaku yang tidak serupa dengan keenam pejabat, yang ditangkap polisi karena kedapatan main judi. Dia juga berpendapat bupati juga diminta untuk tidak melindungi keenam pejabat itu.

Mengenai posisi para enam pejabat itu, Johalim menegaskan, kalau mengangkat dan memberhentikan pejabat merupakan hak prerogatif (wewenang) bupati. Sehingga, dicopot atau tidaknya ke enam pejabat itu, semuanya tergantung sikap dan kebijakan dari Bupati Simalungun itu sendiri.(jansen)



sumber : eksposnews
berita baru idah nasiam ijon

untuk versi mobile klik nasiam ijon

Skype part 2

Comments
Ongga do nasiam marbuali sambil marsiidahan pakon hasoman nasiam menggunahon internet,,?
bani nalape, porlu do cuba nasiam nasada on,,,SKYPE,,,,murah, cuma bayar biaya internet.jadi anggo dong hasoman atap famili nasiam na daoh hunlambung nasiam, boi ma nasiam marsiidahan sambil marbuali,biayani murah,,misal ni nasiam mambayar 3000 sajam i warnet,sajam pe nasiam marbuali, dos do tong bayaron ni,,

aha do skype on: klik nasiam ijon

Bani nasiam nadomma mambotoh skype, mungkin on lang baru be bani nasiam, bani nasiam nalape ongga mamake atap manangar, mudah-mudahan on bermanfaat,,,

Untuk menggunahon skype, parlobei download nasian lobe ijon


Anggo doma salosei mandownload, instal nasiam ma skype ai sampe salosei, trus untuk mambahen account ,parlobei mandaftar lobei nasism. Cara ni gampang do, songon mandaftarkon i facebook. Setelah ai torihi nasiam ma hasoman nasiam na kira-kira dong skype ni,anggo doma dapot, boi ma nasiam marbuali sambil marsiidahan.

Anggo sihol marbuali, minimal dong mic(headset) bani komputer nasiam masing-masing, anggo sihol marsiidahan maningun dong webcam ni...


Skype pe boi do i pake bani hape nasiam, bani nasiam na sihol mansuba bani hape, download nasiam fring i m.gerjar.com humbani hape nasiam, trus install(fring on mirip songon ebbudy pakon nimbuzz).tp anggo hun hape pake pulsa mungkin mahal, tapi ai jadi lang masalah, sonari doma bahat layanan hotspot, manfaatkon hotspot anggo sihol gratisan mamake skype hun hape


Selamat mencoba bani nasiam..ulang lupa add nasiam skype ni garama parraya da

berita baru idah nasiam ijon

untuk versi mobile klik nasiam ijon



Skype

Comments
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara [1] . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar.

Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.

Keunggulan

1. Komunikasi global dan lokal yang lebih ekonomis melalui suara atau konferensi video. Sebagai ilustrasi pada tahun 2007 perbandingan menelpon ke Amerika dari Indonesia adalah Rp.6,640,-/ menit [2] sedangkan dengan menggunakan skype, aktivitas ini didapatkan gratis (untuk sesama pengguna skype) dan berbayar bila skype digunakan untuk menelpon ke pesawat telpon genggam: Rp. 1,593/ menit atau pesawat telpon rumah: Rp. 423/ menit [3]. Komunikasi menjadi lebih murah dan terjangkau. Konferensi bisa dilangsungkan antar pengguna (dua orang) sampai dengan lima pengguna sekaligus.
2. Penggunaannya yang mudah. Untuk pengguna yang telah biasa menggunakan pengirim-penerima pesan instan internet, perangkat lunak skype akan dirasakan mudah. Pengguna hanya diharuskan untuk memiliki komputer dengan spesifikasi teknis tertentu, headset (yang memiliki mike dan speaker), serta sambungan internet.
3. Kualitas suara yang lebih baik dibandingakan VoIP pendahulunya. Kegunaan dasar pembicaraan telepon melalui komputer di mana pun pengguna berada (dengan koneksi internet) secara gratis.

Kualitas suara yang lebih baik

Dalam hal kualitas suara yang lebih baik, hal ini mungkin terjadi karena tim kerja Skype telah berhasil mengontrol sumberdaya- sumberdaya yang tersedia pada jaringan. Sehingga meningkatkan keberhasilan panggilan dan kualitas pada jaringan Skype melebihi tingkat POTS (Plain Old Telephony System: Sistem Telepon Tua Biasa) tanpa menggunakan pemusatan sumberdaya yang mahal. Dengan menyederhanakan perangkat lunaknya, sistem ini memungkinkan pengaplikasian yang mudah oleh siapapun.

Traversal Firewall dan NAT (Network Address Translation)

Klien-klien yang tidak menggunakan firewall dan klien-klien yang sudah berada pada alamat-alamat IP publik yang terarah dapat membantu “ujung-penghubung” dari NAT berkomunikasi dengan mengarahkan panggilan. Hal ini memungkinkan dua klien yang awalnya tidak bisa berkomunikasi untuk berbicara satu sama lainnya, karena sinyal panggilan di terjemahkan pada pengguna akhir yang satu dan pengguna akhir lainnya, sehingga kekhawatiran akan risiko keamanan atau privasi dapat diatasi. Bersamaan dengan hal ini, hanya proxi-proxi yang memiliki “jatah” berlebih yang dipilih sehingga performa pada penggunanya tidak terganggu. Beberapa teknik baru telah dikembangkan untuk menghindari konfigurasi firewall dan gateway pada pengguna akhir, dimana setting konfigurasi yang tidak sensitif biasanya menghambat mayoritas pengguna dalam berkomunikasi. Singkatnya, Skype bekerja di belakang mayoritas firewall dan gateway tanpa menggunakan konfigurasi khusus.

Data dan Alat Pencari Pengguna Global Terdesentralisasi

Kebanyakan dari pengirim-penerima pesan instan (Instant Messenger) atau perangkat lunak komunikasi memerlukan bentuk data pencari terpusat yang bertujuan agar hubungan antar pengguna akhir berhasil dilakukan, dimana para pengguna akhir ini memiliki nama pengguna statis karena alamat IP-nya cenderung berubah. Perubahan ini terjadi saat pengguna berpindah lokasi atau mencoba menghubungkan diri kembali ke dalam jaringan dengan menggunakan alamat IP dinamis. Kebanyakan dari alat komunikasi yang berbasiskan internet, mencari dan menemukan penggunanya menggunakan sentral informasi (central directory) dimana setiap nama pengguna dan nomor IPnya tercatat dan mencari tahu apakah setiap pengguna sedang dalam jaringan (online) atau tidak. Sentral informasi ini amatlah besar biayanya ketika penggunanya bertambah hingga jutaan, dengan mendesentralisasikan infrastruktur yang memakan banyak sumberdaya ini, skype berhasil memfokuskan sumber dayanya untuk mengembangkan fungsi. Teknologi jaringan P2P yang digunakan oleh aplikasi “berbagi berkas” (file-sharing) sebenarnya hampir cocok untuk digunakan pada jaringan desentralisasi yang digunakan oleh skype, namun jaringan-jaringan ini secara alamiah telah terbagi-bagi. Pencarian tidak dapat menghubungkan seluruh “ujung” yang terdapat di jaringan. Sehingga untuk dapat berkomunikasi dengan kualitas telepon yang baik dengan biaya serendah mungkin, diperlukan pengembangan generasi ketiga dari teknologi P2P (“3G P2P”) atau dikenal juga dengan Indeks Global (Global Index) disingkat IG – hal ini membuktikan sekali lagi pergeseran paradigma pada istilah “jaringan yang mungkin” . Teknologi IG adalah jaringan berlapis-lapis dimana antara penghubung-super (supernones) saling berkomunikasi dengan cara tertentu sehingga setiap penghubung dalam jaringan memiliki pengetahuan penuh akan setiap pengguna yang ada dan sumberdaya yang digunakannya dalam selubung (jeda panggilan) seminimal mungkin.

Pengarah lalulintas yang pintar (intelligent routing)

Dengan menggunakan seluruh sumberdaya yang ada, Skype mampu mengarahkan dengan pintar panggilan panggilan yang terkode melalui seluruh jalur efektif yang mungkin dilalui. Skype bahkan memastikan berbagai jalur-jalur penghubung tetap terbuka dan secara dinamis berpindah memilih jalur yang terbaik pada saat itu. Hal ini membuat Skype langsung menjadi perhatian orang karena dampaknya dalam mengurangi jeda sambungan dan peningkatan kualitas panggilan dalam jaringan.

Keamanan

Setiap panggilan dan pesan instan dikodekan oleh Skype pada ujung satu dan lainnya untuk melindungi privasi pengguna. Pengkodean ini perlu karena seluruh panggilan/ pertukaran informasi disalurkan menggunakan fasilitas Internet untuk publik.

Mudah digunakan

Dengan perangkat yang mudah digunakan dan bukan mempersulit pengguna, skype dibuat sesederhana mungkin – semua orang yang dapat menggunakan aplikasi Windows dan telepon karena perangkat lunak ini dapat bekerja dengan baik dengan sistem operasi komputer saku (pocket PC), Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Pocket PC, Mac OS X and Linux .

Kekurangan

1. Penipuan. Layaknya seluruh hubungan yang dilakukan melalui internet, skype juga memiliki masalah yang sama dengan registrasi identitas penggunanya. Registrasi dapat dilakukan tanpa menyerahkan identitas diri yang sah sehingga sebagai pengguna kita dapat memilih untuk tidak meggunakan nama asli dan di pihak yang sama kita berisiko untuk berkenalan dengan orang tanpa tahu identitasnya. Hal ini rentan terhadap penipuan dan kejahatan-kejahatan lainnya.
2. Kapasitas yang besar. Skype memakan 23MB kapasitas harddisk ketika dipasang, dibandingkan dengan pengirim pesan instan lainnya seperti Yahoo yang memakan kapasitas lebih kecil sekitar 10- 15 MB.
3. Terhalang oleh waktu dan kesediaan orang yang memanggil dan yang dipanggil. Penggunaan skype dengan metode suara harus dilakukan dengan rencana sebelumnya seperti membuat janji dengan orang yang dituju, karena apabila orang yang dituju tidak siap (terhalang oleh perbedaan waktu atau kesulitan sambungan Internet) maka niat untuk melakukan komunikasi langsung melalui suara bisa jadi sia-sia.

Sejarah

* 23 April 2003 Nama domain Skype.com dan Skype.net didaftar
* 29 Agustus 2003 Versi beta publik pertama dikeluarkan
* 15 Juni 2004 Rilis beta versi 0.98.0.28
* 27 Juni 2004 Credit SkypeOut dapat dibeli untuk pertama kalinya melalui situs web Skype
* 27 Juli 2004 Rilis versi 1.0 untuk Windows
* 20 Oktober 2004 Pertama kalinya 1 juta pengguna Skype online bersamaan
* 14 Februari 2005 Pertama kalinya 2 juta secara online
* 10 Maret 2005 SkypeIn Public Beta dimulai
* 11 Maret 2005 Software telah didownload 84 juta kali dan 5.98 milyar menit bicara
* 15 April 2005 Didownload lebih dari 100 juta kali
* 18 Mei 2005 Tiga juta pengguna Skype online bersamaan
* 12 September 2005 Skype diakusisi situs lelang online, eBay.

sumber : wikipedia
berita baru idah nasiam ijon

untuk versi mobile klik nasiam ijon

Bupati Simalungun ; Saya Tidak Ingin Ada PNS yang Berurusan dengan Penegak Hukum

Comments
Bupati Simalungun Drs T Zulkarnain Damanik MM mengingatkan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemkab Simalungun mulai staf sampai pimpinan Satuan Kerja Perangkat Dearah (SKPD) bahwa, anggaran 2010 telah disahkan dan ditetapkan.

Oleh karena itu, semua kegiatan yang telah diprogramkan harus sudah mulai dikerjakan pada bulan Maret mendatang dan diharapkan sebelum berakhir masa jabatan bupati pada tanggal 28 Oktober 2010, semua telah selesai dilaksanakan.

Hal tersebut di sampaikan Bupati dalam bimbingan dan arahannya di hadapan PNS jajaran Pemkab Simalungun saat bertindak sebagai inspektur upacara Hari Kesadaran Nasional di lingkungan Pemkab Simalungun, yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Simalungun Pamatang Raya, Rabu (l7/2).

Dikatakan, dalam melaksanakan semua program kegiatan diharapkan harus mempedomani peraturan dan ketentuan yang berlaku. Tingkatkan kinerja dan jangan sia-siakan waktu yang terus berlalu, sehingga semua dapat terlaksana sesuai dengan jadwal yang telah di tetapkan.

Selain itu, Bupati mengatakan bahwa saat ini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berada di Kab. Simalungun untuk melakukan pemeriksanaan terhadap semua program yang telah di laksanakan pada tahun 2009 yang lalu. Untuk itu, berikan pelayanan yang baik kepada pemeriksa, karena hasil dari pemeriksaan yang dilakukan BPK turut mewarnai akhir dari semua program kegiatan yang dilaksanakan.

"Jangan menganggap ringan dengan hasil pemeriksaan BPK, saya tidak menginginkan ada PNS yang berurusan dengan penegak hukum dari hasil pemeriksanaan BPK tersebut," tegasnya.

Didalam arahan dan bimbingan tersebut, khusus kepada Dinas Pendidikan, Bupati mengatakan agar meningkatkan kinerjanya sesuai dengan tupoksi. Jangan ada kesan dinas pendidikan hanya mengerjakan Dana Alokasi Khusus (DAK) saja, akan tetapi jadikan dinas pendidikan Kabupaten Simalungun sebagai instasi yang strategis untuk meningkatkan pendidikan dan mencerdaskan masyarakat di daerah ini. (ama)


sumber : analisadaily
berita baru idah nasiam ijon

untuk versi mobile klik nasiam ijon

Sampaikan Paparan Ilmiah Apa dan Bagaimana Membangun Kabupaten Simalungun

Comments
8 April 2010
Balon Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM Kunjungi Kantor SIB P Siantar

Pematangsiantar (SIB)
Penampilan Balon Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM sangat meyakinkan saat memaparkan secara ilmiah apa dan bagaimana membangun Kabupaten Simalungun. Paparan tidak muluk-muluk itu, diuraikan tatkala berkunjung ke kantor Korda II SIB Sumatera Timur di Jalan Ahmad Yani 162, Pematangsiantar, Selasa (6/3).

Didampingi pasangannya, Hj Nuriaty Damanik SH (Balon wakil bupati), Tim Pemenangan Pardi Purba, St Djapaten Purba BMUE, Edy Harlen Saragih, Ridwan Damanik SH MH dari ARAS dan Binaris Situmorang SH, advokasi ARAS, Balon Bupati dari jalur independen yang sudah mengantongi 50.000 dukungan itu terpanggil mencalonkan diri untuk menerapkan pembaharuan.

Tanpa dibungkus niat mengkritisi pembangunan yang terlihat dengan kasat mata dewasa ini, JR Saragih seorang akademisi tulen itu datang ke Kabupaten Simalungun untuk melaksanakan perubahan di berbagai aspek. Format dan alur pikiran merancang pembangunan yang mendesak dibutuhkan masyarakat Simalungun diproyeksikan dalam konsepsi aktual dan tepat guna.
Sebagai putra asli Simalungun dari Huta Hapoltahan, Raya, JR Saragih menukil masa kecil, tatkala masih duduk di bangku SD kelas IV, daerah Simalungun disebut sangat indah. Namun setelah mudik ke kampung halaman tatkala baru menyandang perwira, nuansa keindahan “bonapasogit” terkesan sirna. Tak dijelaskan apa penyebabnya.

Tapi dengan tampilan sosok seorang ilmuwan, DR JR Saragih SH MM mengaku merekam seluruh sendi-sendi dan denyut kehidupan yang dialami masyarakat, terutama yang berdomisili di nagori, huta dan pelosok terpencil. Kehidupan sosiologi masyarakat mendorong dirinya berbuat dan mengaplikasikan ilmunya, melakukan perubahan di berbagai aspek.
Dia ingin bersama masyarakat membangun Kabupaten Simalungun dengan konsepsi gerakan desa mantap. Artinya, mesti ada interaksi antarnagori, antarhuta dan antarkecamatan. Interaksi timbal-balik diyakini akan menumbuhkan rasa kebersamaan. Format merajut dan membangun interaksi juga tertuang dalam konsepsi ilmiah yang dimplementasikan secara gradual.
Adakah tantangannya? Dijawab JR Saragih, secara psikologis pasti ada. Langkah antisipasi pun sudah dikaji matang dan terencana. Langkah dasar, sesuai paparannya membangkitkan rasa kesadaran masyarakat. Ada pola individu dan pola budaya tradisional yang konvensional. Penerapannya hirarkis, untuk saling hormat menghormati, untuk mencapai tujuan bagaimana kiat membangunkan dari tidur.

Dari kacamata kondisi formal daerah Simalungun perlu ekstra pembangunan, kata JR Saragih, doktor ilmu manajemen pemerintahan itu. Menyangkut pelayanan banyak hal. Peta Kabupaten Simalungun tidak jelas, ini tanah siapa. Andaikata ada niat investor berkiprah di daerah tersebut, tentu bisa berpikir dua kali. Dan, kalau ini dibiarkan, siapa yang rugi. “Tentu masyarakat yang rugi,” sergahnya.

Berbicara soal pelayanan banyak hal, Balon Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM yang berpasangan dengan Hj Nuriaty Damanik SH akan menerapkan kepemimpinan seperti di Pulau Jawa. Merinci efektivitas hari-hari kerja dalam satu minggu dengan selingan satu hari mengadakan interaksi sosial, budaya dan lain-lain. Artinya, terpola hari kerja, terpola mengadakan interaksi bermuara pada urgensi kekerabatan dan kebersamaan.

Sehingga hubungan komunikasi dua arah terbina kontinu. Ini mesti diaplikasikan mulai dari pemerintahan sampai ke lapisan masyarakat. Lalu mencermati kondisi di daerah Kabupaten Simalungun, Presiden Komisaris RS Efarina Etaham itu mengatakan frekuensi jejaring interaksi masih perlu ditingkatkan. Setahunya, ada kecamatan, nagori atau huta tidak pernah disinggahi otoritas pemerintahan “tertinggi” sehingga bagaimana mengetahui sendi-sendi dan denyut kehidupan masyarakat.

Di sinilah urgensi, perlu perubahan. Dirinya selaku putra asli Simalungun merekam sendi kehidupan masyarakat di pelosok nagori bahkan huta. Dia datang menerapkan perubahan. Dan, dia datang bukan jadi “pemborong” melainkan rasa kecintaannya terhadap tanah leluhurnya.
Dengan nada suara polos, JR Saragih berkenan ikut bertarung dalam Pemilu Kada Kabupaten Simalungun bukan pula untuk pamer. Dia berbicara soal kerap menaiki pesawat helikopter dan juga permintaan komunitas masyarakat, jika mengunjungi suatu daerah di Kabupaten Simalungun karena faktor geografi yang cukup luas. Selain efektivitas waktu, bisa cepat terjangkau untuk empat atau lima titik sasaran dalam satu hari. Kalau memakai kendaraan bermotor, tak terjangkau apalagi kondisi infrastruktur jalan tidak mendukung.
Jadi, niat baik ikut mencalonkan diri sebagai Balon Bupati Simalungun kata JR Saragih semata-mata untuk membawa pembaharuan, agar dapat dinikmati masyarakat. Lantas bagaimana membangun kabupaten Simalungun ke depan? Tak usah disangsikan, sahutnya dan menambahkan asalkan seluruh masyarakat memberi kepercayaan kepada dirinya tidak ada yang mustahil. “Saya datang melakukan perubahan di berbagai aspek,” kata DR JR Saragih SH MM.

Sebelumnya, Haji Syahmidun Saragih SSos selaku mediasi mengutarakan kehadiran Balon Bupati dan Balon Wakil Bupati Simalungun di kantor Korda II Harian SIB Sumatera Timur di Jalan Ahmad Yani 162. Beberapa pointer paparan Dr JR Saragih SH MM dipertajam Ridwan Damanik SH MH untuk tidak salah inteprestasi.

Di awal pertemuan yang menyita satu jam lebih itu, Korda SIB Sumatera Timur Pariaman Pakpahan didampingi Hasudungan Siahaan memperkenalkan sosok wartawan SIB yang hadir. Fase materi tanya-jawab dibatasi, karena menurut alasan JR Saragih mempertimbangkan kondisionalitas. “Ada waktunya untuk wawancara lepas,” kilahnya sembari mengumbar senyum khasnya. (S2/i)

sumber : hariansib
berita baru idah nasiam ijon

untuk versi mobile klik nasiam ijon