sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » Ketersediaan Tenaga Medis di Simalungun Mencukupi


Garama ParRaya 10:30 PM 0

Oleh Waristo
Simalungun,  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, dr Jon Mauresdo Purba mengatakan bahwa ketersediaan tenaga medis di wilayah Tanoh Habonaron do Bona mencukupi.
“Keberadaan dokter umum di wilayah ini sudah cukup, hanya saja penempatan masih belum menyebar di wilayah Simalungun,” sebut Jon Mauresdo di Pamatang Raya, Senin.
Kondisi ini, kata Jan Mauresdo, karena luasnya wilayah Kabupaten Simalungun dan sebaran antarkecamatan yang jaraknya cukup jauh, bahkan sampai 70-an kilometer dari ibu kota kabupaten di Pamatang Raya.
Sementara para tenaga medis, lanjut Jon Mauresdo, lebih memilih bertugas di daerah perkotaan atau ibu kota kabupaten serta kecamatan dari pada di perbatasan.
“Ke depan akan kami lakukan evaluasi untuk penertiban soal penempatan tenaga medis sesuai prioritas kebutuhan kesehatan supaya pelayanan bisa maksimal,” kata Jan Mauresdo.
Dinas Kesehatan Simalungun akan menyampaikan ke Kementrian Kesehatan untuk perolehan tenaga medis (dokter PTT) di daerah-daerah terpencil.
Sementara itu, Kasubbag Tata Usaha dan Umum Dinas Kesehatan Simalungun Rosman Saragih SKM menyebutkan bahwa pemkab memiliki tiga unit rumah sakit, 34 unit puskesmas dan 169 unit puskesmas pembantu yang tersebar di 31 kecamatan.
Total tenaga medis di layanan kesehatan tersebut tercatat 1.024 orang terdiri dari dokter, perawat, bidan dan petugas kesehatan lainnya, kata Rosman.
“Pemkab Simalungun juga mengadakan ikatan dinas dengan 174 dokter, bidan dan perawat serta menerima ratusan tenaga medis dari Kemenkes, 11 di antaranya dokter,” sebut Rosman. ***3***
(T.KR-WRS/B/Farochah/Farochah)

sumber : antarasumut.com

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply