sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » PDT Bukan untuk Saingi FDT


Garama ParRaya 8:09 PM 0


SIMALUNGUN | DNA - Tahun 2014 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun akan melaksanakan Pesta Danau Toba (PDT) yang dijadwalkan berlangsung selama 3 hari dimulai tanggal 18 s/d 20 September 2014.
            
Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM, dalam keterangan persnya di Pamatang Raya, Senin (15/9/2014) mengatakan, pelaksanaan PDT bukan untuk mengimbangi atau menyaingi pelaksanaan Festival Danau Toba (FDT) yang tuan rumahnya nanti adalah Kabupaten Toba Samosir.
           
“PDT yang dilaksanakan oleh Pemkab Simalungun sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan FDT,” jelas JR Saragih.
      
Sejarah PDT kata Bupati tidak boleh kita lupakan, sebab PDT ini sudah dilaksanakan sejak tahun 1980 lalu.
      
“Jadi saya menghargai apa yang sudah dibuat oleh orang tua kita dulu dengan baik dan ini cukup baik,” kata Bupati yang dalam kesempatan didampingi Kadishubkominfo Mixnon Andreas Simamora SIP dan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Rizal EP Saragih AP MSi.
      
Danau Toba dikenal imbuhnya, bukan karena festivalnya tapi PDT. Maka kita akan tetap melaksanakannya. “PDT ini tetap akan kita laksanakan yang direncanakan saya buka, dengan menghadirkan masyarakat-masyarakat Simalungun khususnya dan umumnya masyarakat luar daerah Simalungun juga di pasti akan menghadirinya,” jelas Bupati.
      
Pelaksanaan PDT juga akan dilaksanakan berbagai kegiatan pertandingan olahraga tradisional, sehingga Danau Toba tidak merasa ditinggalkan. “Intinya Pemkab Simalungun tetap mendukung pelaksanaan FDT, kita juga berharap  tahun depan FDT akan melibatkan daerah-daerah lain di pinggiran Danau Toba, sehingga semangat membesarkan warisan leluhur kita itu dapat tercipta diseluruh daerah pinggiran Danau Toba secara bersamaan,”ungkap Bupati.
      
Sementara itu, rangkaian penyelenggaraan PDT Kabupaten Simalungun tanggal 18 s/d 20 September 2014; Kamis tanggal 18/09 sebagai berikut acara pembukaan, lomba mengukir (manguhir), lomba marjalekkat, pertandingan margalah, festival vocal solo, festival tari kreasi daerah, pertandingan volley pantai, eksebisi terbang layang, malam pesona budaya Simalungun/pesisir dan penampilan Marsada Band serta artis pendukung lainnya.
      
Pada hari Jum’at tanggal 19/09 pelaksanaan kegiatan adalah festival gonrang keyboard, lomba memancing, lomba  fotography, lomba renang dewasa, lomba renang anak-anak, drag race sepeda air, eksebisi tour “X Trail”, malam pesona budaya multi etnis/nusantara, penampilan Band NAFF dan artis pendukung lainnya.
      
Kegiatan PDT pada hari Sabtu tanggal 20/09 sebagai berikut; lomba parsada-sadaan (perorangan), lomba solu pardua-duaan, eksibisi Jet Sky, drag rice speed boat, drag race scooter, eksebisi sepeda gunung, eksebisi tour Harley Davidson, penyerahan hadiah, acara penutupan dan penampilan Band KOTAK serta artis pendukung lainnya.(herman maris)

SUMBER : http://www.dnaberita.com/berita-117547-pdt-bukan-untuk-saingi-fdt.html

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply