sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » Jalan Nasional Kabanjahe-Pematang Siantar Diperbaiki


Garama ParRaya 4:48 AM 0


karo - Rusaknya infrastruktur jalan nasional Kabanjahe-Pematang Siantar-Dairi, membuat sering terjadi kemacetan di pinggiran Kota Kabanjahe. Kemacetan tersebut bisa hingga berjam-jam terlebih kalau musim hujan, sehingga para pengguna jalan sangat terganggu serta kemacetan tersebut merembes ke Kota Kabanjahe. Kerusakan jalan terlihat mulai dari simpang tiga Moga Jaya (Lau dah) Kabanjahe serta beberapa tikungan sebelum jembatan Lau Dah, yang sering membuat para pengemudi harus berhenti menunggu giliran untuk melintas.

     Tidak jarang, polisi dari Satuan Lalu Lintas Polres Karo harus direpotkan hanya karena pengemudi takut untuk melintas pada saat hujan turun. Kemacetan panjang tidak terelakkan ketika beberapa pengendara mobil saling mendahului dan tidak mengikuti antrian dari belakang, hingga terjadilah jalur tiga. Menurut beberapa pengendara, bahwa hal itu terjadi karena bahu jalan terlihat longsor dan ambrol dan terlihat lobang besar menganga membuat nyali para supir ciut untuk melintas dan memutuskan untuk berhenti hingga mobilnya bebas berjalan sendirian. “Melihat lubang yang besar itu saja kita sudah gugup. Jadi, kami memutuskan untuk menunggu waktu, saat mobil atau kendaraan dari arah yang berlawanan tidak ada, baru kami jalan,” ujarnya supir suatu saat.
       Diperbaiki 
     Senin (30/4) terlihat sepanjang jalan Kabanjahe-Merek, telah dimulai perbaikan jalan tersebut. Selain pembongkaran aspal yang sudak kupak-kapik terlihat juga perbaikan parit di Simpang Desa Mula Wari, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo. Menurut sumber Simantab, bahwa perbaikan jalan tersebut bersumber dari APBN TA 2012. Menurutnya, bahwa perbaikan tersebut adalah peningkatan jalan. “Itu bukan perbaikan. Akan tetapi peningkatan. Dananya bersumber dari APBN TA 2012, jaraknya belum bisa dirinci, namun yang ditingkatkan muali dari Kabanjahe ke Merek,” sebutnya. 
     Beberpa warga yang sempat dimintai keterangan Senin (30/4) menyebutkan, bahwa perbaikan jalan tersebut sudah terlambat. Namun demikian, mereka sangat berterima kasih telah terjadi perbaikan jalan tersebut.
      “Sebenarnya, perbaikan ini sudah terlambat. Namun, kita juga berterimakasih karena sudah diperbaiki. Karena, dengan kondisi jalan yang rusak seperti ini, kami para warga juga sangat terganggu bila saat hujan dan terjadi macet,” ujar warga Tigapanah. Pantauan Simantab mulai dari Kabanjahe hingga ke Merek, jalan tersebut sudah mulai diperbaiki, dengan mempergunakan alat berat dan tenaga manusia. Bahkan pada beberapa titik, terlihat juga perbaikan saluran drainase/ parit yang mendukung bertahannya kondisi jalan tersebut. (lian)


 sumber :harian simantab
berita terbaru klik nasiam ijon

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply