sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » Bupati Dukung Pembangunan Islamic Centre di Kompleks Mesjid Agung Almunawwaroh Perdagangan


Garama ParRaya 9:46 AM 0

Pemkab Simalungun Melaksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1438H/2016M

Bupati Dukung Pembangunan Islamic Centre di Kompleks Mesjid Agung Almunawwaroh Perdagangan



                Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1438 H/2016 M, yang dipusatkan di halaman mesjid Al-Munawwaroh Perdagangan Kecamatan Bandar, Jum’at 16/12/2016.
                Kegiatan keagamaan itu mengangkat tema “Meneladani kepemimpinan Rasulullah Muhammad SAW dalam mewujudkan Simalungun baru yang spektakuler”, ‘Semangat baru untuk kita semua’. Mengawali acara tersebut dilaksanakan pembacaan ayar suci Al-Qur’an oleh Rohima dengan saritilawah Tantri Musfira Dimar.
                Tokoh masyarakat Kabupaten Simalungun Syech muda Dr Ahmad Saban Rajaguguk dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM yang telah memberikan perhatian terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan di daerah ini terutama untuk kemajuan umat muslim. 
“Sejak dilantiknya Dr JR Saragih SH MM menjadi Bupati Simalungun, yang pertama kali dibantu adalah pembangunan mesjid di Hantonduhan sebesar Rp 500 juta. Ini membuktikan bahwa beliau sangat perduli dengan umat Islam dan sangat mendukung dengan kegiatan-kegiatan keagamaan di daerah ini, termasuk kegiatan kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini,”ujarnya.
Syech Muda itu juga mengapresiasi perhatian Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM dalam pembangunan keagamaan di Kabupaten Simalungun termasuk rumah-rumah ibadah seperti Mesjid Al Munawwaroh yang dapat selesai pembangunannya pada masa kepemimpinannya
                Selanjutnya, Ahmad Sabban berharap kepada Bupati Simalungun agar kiranya pada tahun 2017 mendatan pembangunan mesjid di Kabupaten Simalungun lebih digalakkan untuk kepentingan umat muslim di daerah ini. Disamping itu, Saban juga meninitipkan harapan kepada Bupati bahwa kedepannya, Simalungun agar memiliki Islamic Center sebagai pusat kajian dakwah dan ilmu tentang agama Islam, dan melaksanakan program maghrib mengaji. 
Dalam kesempatan itu, Syach Muda Ahmad Sabban Rajaguguk menyampaikan bahwasanya masyarakat Simalungun rindu akan sejarah baru, yaitu ada orang dari Simalungun menjadi Gubernur Sumatera Utara di tahun mendatang. "Kabupaten Simalungun merupakan Kabupaten terluas di Sumatera Utara, memiliki kekayaan alam yang melimpah, rakyatnya beragam etnis, suku, agama dan bahasa. Meski demikian, semua dapat hidup berdampingan dan menjaga kerukunan. Hal ini tidak terlepas dari keberhasilan Dr JR Saragih SH MM sebagai seorang pemimpinnya," ungkap Tuan Guru.
Menyikapi harapan tokoh masyarakat tersebut, Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM dalam sambutannya, langsung menyambut aspirasi umat Muslim Simalungun yang berkeinginan untuk memiliki Islamic Center. Bahkan Bupati mendukung pembangunan Islamic Centre di Komplek Mesjid Agung Al-Munawwaroh Perdagangan, yang diharapkan bisa menjadi pusat pendidikan ,dan pengembangan kualitas umat Muslim di Kabupaten Simalungun.
Sebagai bentuk dukungan untuk pembangunan Islamic Center tersebut, Bupati Simalungun membantu pembangunannya pada tahun 2017 sebesar Rp 2 miliar yang anggarannya dialokasikan di APBD Tahun Anggaran 2017.
“Saya mendukung pembangunan Islamic Center di komplek Mesjid Agung Al Munawwaroh Perdagangan, dan untuk pembangunannya saya akan bantu Rp 2 miliar yang dananya dialokasikan di APBD 2017, sehingga tahun depan (2017) pembangunannya sudah bisa dimulai dan saya harapkan bisa rampung tahun 2018 nanti,” sebut Bupati yang didampingi Wakil Bupati Simalungun terpilih, IrAmran Sinaga MM.
Bupati berharap dengan adanya Islamic Center dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan kualitas iman dan ketaqwaan umat Muslim di Kabupaten Simalungun. Selain itu ke depan nantinya seluruh calon jemaah haji Kabupaten Simalungun diinapkan di Islamic Center Mesjid Al Munawwaroh sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.
Pada kesempatan tersebut, Bupati juga berpesan untuk tetap menjaga kerukunan umat beragama. Sebab, Kabupaten Simalungun ini adalah miniaturnya Indonesia. "Meskipun kita berbeda agama, suku, serta bahasa, wajib menjaga kerukunan dan keutuhan dari kebhinekaan tersebut," pesan Bupati kepada para jamaah.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut dikahir dengan tausyah yang disampaikan oleh Alustadz KH Musa Kokon Saragih MA dari Medan. Tutut memberikan kata sambutan Ketua DPRD Simalungun diwakili Hendra Sukmana Sinaga SKom. Acara itu juga dihibur oleh group music Ikhwa  dari kecamatan Gunung Malela. 
                Tampak hadir dapal kesempatan itu, mewakili FKPD, Sekda, staf ahli bupati, para asisten, pimpinan SKPD, camat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan ribuan umat muslim dari 31 Kecamatan se-Kabupaten Simalungun.

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply