sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » » Pemuda Kreatif Perakit Mobil Mini Ala Simalungun


Garama ParRaya 11:06 PM 0




Bermula dari keprihatinan akan susahnya alat angkutan barang hasil pertanian dari ladang menuju ke rumahnya, memicu kreatifitas seorang anak muda dari Kecamatan Purba menciptakan sebuah mobil yang bermesin sepeda motor. Walau Secara bentuk, mobil ini belumlah sempurna seperti mobil dari Asemka, namun  ide kreatif untuk membuat mobil mini patut di apresiasi.

Adalah Kartolo Purba, seorang pemuda dari Nagori Huta Raja Kecamatan Purba yang berhasil merakit sebuah mobil bermesin sepeda motor. Hasil kreasinya inipun dipamerkan pada hari ini Sabtu (3/12/2016) di event Pesta Hiburan Rakyat Parsaranan Na Bujur di Rest Area Kec. Purba dan mendapat sinyal positif dari Bupati Simalungun, Dr JR. Saragih. SH,MM.

Bupati Simalungun, memberikan apresiasi dan rasa salutnya atas kreativitas yang dimiliki Kartolo Purba. Memang masih banyak yang harus disempurnakan seperti sistem transmisi, bentuk, hingga posisi mesin dan lampu dari kendaraan tersebut.


Namun Bupati menyampaikan bahwa yang patut diapresiasi adalah kreativitasnya. Dari mesin sepeda motor bekas, mampu dimodifikasi menyerupai mobil. Untuk itu, Bupati pun berharap mobil kreasi dari pemuda  Simalungun ini mampu dimanfaatkan dan dimaksimalkan untuk kepentingan masyarakat.

Bupati juga menyampaikan bahwa para pemuda di Simalungun hendaknya mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Kartolo Purba ini. Dengan semangat dan kreatifitas untuk berbuat dan berkarya yang terbaik akan menjauhkan para pemuda dari hal – hal negatif yang merugikan. 


Guna memperbaiki dan memodifikasi bentuk kendaraan tersebut agar lebih bagus dan fungsional, Bupati pada kesempatan itu memberikan bantuan dana pembinaan karya terbaik sebesar Rp 10 juta. "Donasi tersebut untuk meyempurnakan perbaikan ide kreatif si pencipta mobil ini. Saya akan pantau dan lihat lagi perkembangan modifikasi setelah ini," ujar Bupati.

Dijelaskan oleh Kartolo Purba, proses modifikasi mobil mini membutuhkan waktu sekitar dua bulan dan menghabiskan biaya Rp 3.3 juta. Mobil mini ini dulu (awal pembuatan) menggunakan mesin kendaraan cup tahun 1970. Setelah baknya keropos terinspirasilah membuat becak.

Setelah becak ciptaannya sudah tidak lagi mampu mengangkut beban, dibuatlah kendaraan empat roda seperti ini. "Sekarang, mobil mini ini menggunakan mesin dari motor Honda Kharisma 125 CC dengan transmisi manual yang digerakan oleh rantai. Kemudian untuk rodanya menggunakan ban Vespa," tutup Kartolo.

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply