sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » Himapsi Ciptakan Pemuda Berbudaya


Garama ParRaya 7:53 PM 0



(Foto: Ist)
Pengurus HImapsi bersama Muspida Plus Simalungun pada peringatan sumpah Pemuda yang digelar di Pantai Haranggaol.
SIANTAR - Untuk memperingati hari Sumpah Pemuda, Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Himapsi) melakukan upacara di Pantai Haranggaol, Sotage Sigumba-gumba Danau Toba Haranggaol, Simalungun. Di sana, mereka juga mengadakan perlombaan memasak masakan tradisional Simalungun, Minggu (28/10).
Selain pengurus Himapsi, acara dihadiri Muspida Plus Kabupaten Simalungun, dengan menyusun program pengembangan wisata Simalungun berdasarkan hasil studi banding ke Bali beberapa waktu lalu.
Ketua Umum Himapsi Sarmuliadin Sinaga menegaskan, pemuda merupakan garda terdepan dalam mengemban amanat bangsa. Pemuda memiliki ernergi yang tidak terbatas dalam hidup sehari-hari, sehingga dapat melakukan perubahan di sendi kehidupan berbangsa, termasuk kebudayaan.
Sarmuliadin Sinaga mengakui bahwa eksistensi pemuda saat ini sudah mulai pudar untuk memahami serta melestarikan nilai-nilai budaya. “Ini terlihat dari jati diri pemuda yang telah terkontaminasi oleh tren masa kini, sehingga pemuda sekarang banyak tidak mengetahui kultur budayanya sendiri,” tegasnya.
Setelah melaksanakan upacara nasional dan organisasi, sebanyak 24 kader mengambil bagian untuk melaksanakan perlombaan masak tradisional. Yakni, masakan Lompah na Iidurung  (ikan diarsik) dan Lompah na I Padar (ikan bakar).
Setelah 24 peserta selesai memasak makanan yang ditentukan panitia, dewan juri pun memberikan penilaian. Hasilnya Pengurus Himapsi dari PT Alegrindo terpilih sebagai juara 1. Disusul juara 2 dari Kecamatan Haranggaol Horisan. Sementara dari Kota Siantar hanya mendapat juara 3. Untuk pemenang ke 4, berasal dari Kecamatan Haranggaol Horisan, dan juara ke lima dari Himapsi Sari mutiara, serta juara ke 6 dipegang DPC Himpasi Medan.
Camat Haranggaol, Dikman Purba SH dalam sambutannya sangat mengapresiasi kreativitas Himpasi dalam hal melestarikan budaya Simalungun. diterangkan bahwa hingga saat ini dari pandangannya Himpasi merupakan satu-satunya organisasi yang masih komit menjaga dan melestarikan budaya Simalungun, serta menciptakan kader-kader pemuda sebagai generasi bangsa yang mencintai budaya.
“Saya berharap agar pemuda Simalungun tetap belajar menjadi generasi dan pemuda garda perubahan yang lebih baik,” katanya. (pra)

sumber : metro siantar

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply