sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » » Helikopter JR Saragih ‘Diributi’ di MK


Garama ParRaya 12:49 AM 2

Syahmidun Bantah Intimidasi Saksi
JAKARTA –METRO; Sejumlah saksi yang dihadirkan pasangan T Zulkarnain Damanik-Marsiaman Saragih membeberkan pergerakan helikopter milik JR Saragih pada 26 Agustus 2010 pagi, sesaat sebelum pencoblosan Pemilukada Simalungun dimulai. Helikopter yang memutar-mutar di hampir seluruh kecamatan itu dianggap sebagai tindak kecurangan di masa tenang, yang mestinya bebas dari bau kampanye.




Zulkarnain Damanik bersama kuasa hukumnya di ruang persidangan MK, Jakarta, Senin (20/9).


Abdul Khaliq Khan, Ketua Tim Kampanye pasangan Zul-Marsilam mengungkapkan, helikopter yang di bodi sampingnya masih tertempel nama JR Saragih, yang biasa dipakai saat masa kampanye, terbang rendah sehingga menyita perhatian warga yang akan memberikan hak suaranya.

"Ini pelanggaran pada minggu tenang. Ada helikopter milik pasangan nomor urut empat, melintas di beberapa kecematan, sangat rendah," ujar Abdul saat hadir sebagai saksi.

Mendengar cerita itu, Ketua Majelis Hakim MK, Moh Akil Mochtar, berseloroh. "Kenapa tidak ditembak saja pakai bazoka?" tanya Akil.

Dengan polos, Abdul menjawab, dirinya tak punya bazoka. Akil bertanya lagi, dari mana saksi tahu bahwa heli itu milik pasangan JR Saragih-Nuriaty Damanik (JR-Nur). Dijawab," Ada tulisan di situ."

Akil langsung mengonfirmasi masalah heli itu ke JR Saragih, yang kemarin berbatik coklat muda. JR Saragih mengatakan, heli itu sebenarnya merupakan sarana tranportasi sebuah rumah sakit.

"Kebetulan saya punya rumah sakit. Itu helikopter untuk pelayanan masyarakat," kata JR Saragih.

Saksi yang lain juga menceritakan soal heli itu. Buyung Tanjung, Ketua PPS di Nagori Rambung Merah, mengaku melihat helikopter itu terbang di atas TPS-TPS.

"Di daerah kami, helikopter itu barang langka. Orang-orang kampung bilang, ‘Oh, JR lewat, JR lewat," kata Buyung.

Sedang saksi Salmon Al Farid Lubis mengatakan, heli dua kali berputar di kecamatan Bandar, sekitar pukul 07.30 pada hari pencoblosan.

"Tim kami juga melihat helikopter berpusing-pusing," imbuh Mahdani Damanik, saksi yang lain.

Selain menceritakan soal helikopter, seperti pada persidangan sebelumnya, para saksi para penggugat juga mengungkapkan mengenai dugaan politik uang yang dilakukan JR Saragih-Nuriaty. Kata Abdul Khalik, uang yang dibagikan pada kisaran Rp15 ribu, Rp20 ribu, hingga Rp50 ribu. Selain itu, masih kata Abdul, juga ada pembagian sembako, yang terdiri minyak goreng, gula, susu, dan beras. Dia mengaku menemukan kasus ini di Kecamatan Dolok Batu Nanggar.

"Laporan tim ada 300 paket," katanya.

Saksi Abdurahim mengaku menerima Rp50 ribu yang diterima dari Endang Saragih, dengan menyuruh memilih pasangan nomor empat. Saksi Irwansyah mengaku menerima Rp100 ribu untuk lima anggota keluarganya. Sutini dan Lustiani juga mengaku menerima uang.

Sedang Jansen Napitupulu dari LSM Lepaskan, mempersoalkan mengenai status JR Saragih yang berlatar belakang anggota TNI, dari kesatuan PM. Dia mengungkap data yang menurutnya mencurigakan bahwa JR Saragih masih aktif sebagai anggota TNI saat mencalonkan diri. Namun, saat diberi kesempatan untuk menanggapi hal itu, JR Saragih mengatakan, berdasarkan surat dari Komandan PM tertanggal 2 Oktober 2009, dirinya sudah tak aktif sejak 1 September 2009.

JR Saragih sendiri, kemarin juga menghadirkan sejumlah saksi. Antara lain Syahmidun Saragih, yang membantah pernyataan saksi Bahrum Saragih pada sidang sebelumnya yang menuduh dirinya melakukan intimidasi.

"Tak benar saya melakukan intimidasi," cetusnya singkat.

Saksi dari JR-Nur yang lain, seperti Simson Purba dan Salmon Simanungkalit menyebut pasangan Zul-Marsiaman membagikan sarung.

Hadir juga saksi dari Panwas, yakni Ketua Panwas, Ulamatua Saragih. Dia ditanya mengenai jumlah laporan pelanggaran yang masuk. Dia katakan, ada 21 laporan dugaan politik uang. Hanya saja, lantaran waktunya terbatas dan saksi tidak kuat, perkara ini dihentikan. Usai sidang, Syahmidun Saragih sempat menemui Zulkarnain Damanik dan memeluknya. "Iya, tadi Syahmidun Saragih memeluk saya," ujar Zul kepada koran ini. Hanya saja, dia tidak menjelaskan ada tidaknya pembicaraan keduanya. Sidang akan dilanjutkan dengan agenda pembacaan putusan, yang belum ditetapkan harinya. (sam)



sumber : metro siantar
berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

2 komentar Helikopter JR Saragih ‘Diributi’ di MK

  1. "Salam hoki Poker Mania
    Jangan Galau Jika anda kalah di web lain !!!
    SalesQQ Solusi Tepat untuk Anda
    Keunggulan SalesQQ:
    1 Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    2 Tambahan Bonus Harian 10.000 rb untuk modal awal
    3 Bonus TO/Cashback 0.5% setiap Minggunya
    4 Bonus Referral 20% Seumur Hidup
    5 Minimal deposit dan withdraw hanya 20.000 rb.
    6 Pelayanan yang ramah dan memuaskan setiap hari 24 jam nya.
    WhatsApp : +6281533436698
    Pin BBM : D6092982
    Line : SalesQQ"

    ReplyDelete
  2. Amat Sangat Tidak Layak Seorang Jopinus Ramli Saragih/JR.Saragih Menjadi Pemimpin/Kepala Daerah, Baik Kabupaten Terlebih Propinsi. FAKTA Yg NYATA Bhw Seblum JR.Saragih Jadi Bupati Simalungun Adalah Jalan Mulai dari Tanah Jawa Menuju Raja Maligas Nyaris Sudah RUSAK PARAH, Lantas Hingga s/d Periode Kedua JR.Saragih JALAN Tsb BENAR BENAR Sudah HANCUR LEBUR dan Bgitu Juga di daerah Kecamatan Lainnya. Sejatinya Oknum JR.Saragih ini Amat Sangat PERLU diPerTANYAkan Tentang Visi dan Misinya Ktika Saat Kampanye.

    ReplyDelete