sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » Masjid Ilham Sondi Raya Diresmikan


Garama ParRaya 11:20 PM 0

SIMALUNGUN-METRO; Masjid Ilham Sondi Raya (Sigundaba), yang merupakan salah satu Masjid tertua di Kecamatan Raya, Rabu (12/5) diresmikan. Peresmian ini dilakukan, setelah Masjid selesai direnovasi. Pada kesempatan itu, DR JR Saragih, selaku salah satu ahli waris pendiri Masjid tersebut hadir, dan meresmikan Masjid tersebut bersama Asisten Ekbang Setdakab Simalungun, Mudzrin SSos.

Mudzrin Ssos, dalam sambutannya pada kesempatan itu menegaskan, peresmian Masjid membawa arti khusus dalam kehidupan antar umat beragama di kabupaten ini. Menurutnya, dalam acara itu, keharmonisan antar umat beragama seperti yang ada di Simalungun selama ini terlihat jelas. Terlebih lagi, sebagian ahli waris pendiri Masjid sudah memeluk agama berbeda.

"Kita harus berbangga hati, pada kesempatan ini kita dapat lihat jelas, betapa keberagaman sangat indah kalau tetap dijaga. Jangan pernah kita jadikan, agama sebagai tembok pemisah. Kita semua sama," kata Mudzrin.

Sedangkan DR JR Saragih, sebagai salah seorang ahli waris pendiri Masjid Ilham dalam kesempatan itu mengatakan, perbedaan harus dijadikan sebagai sebagai perekat kebersamaan antar masyarakat. Dengan perbedaan, dan keberagaman pula, harus diciptakan sesuatu nilai plus, yakni keharmonisan, yang merupakan kata kunci suksesnya sebuah proses pembangunan.

"Perbedaan itu indah, kalau kita sama-sama menjaga. Dan yang pasti, keberagaman harus tetap dijaga," katanya.

Dalam kesempatan itu, saat menyerahkan bantuan dana untuk pembangunan Masjid Ilham Sigundaba sebesar Rp150 juta, DR JR menegaskan bantuan yang diberikannya sama sekali tidak mengikat, dan jauh dari unsur politis. Pemberian bantuan itu, menurutnya lebih dari kepeduliannya secara moral sebagai putra daerah kelahiran Sondi Raya. Terlebih lagi, kedua orang tuanya sempat terlibat dalam pembangunan Masjid itu.

"Pembangunan rumah ibadah jangan dicampur adukkan dengan kepentingan politik. Dulu, Oppung saya turut serta memnbangun Masjid ini, dan inang (ibu) juga sempat beribadah di Masjid ini, sebelum pindah ke Tanah Karo setelah Bapak saya meninggal," ujarnya.

Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gereja

Sementara itu, dalam acara peletakan batu pertama pembangunan Gereja Khatolik Stasi St Binediktus Rondang Kecamatan Hatonduhan, Kamis (13/5) DR JR Saragih didaulat meletakkan batu pertama pembangunan Gereja itu. Dalam kesempatan itu pula, ribuan ummat menyampaikan doa pemberangkatan bagi DR JR Saragih SH MM, untuk menjadi Bupati Simalungun, dan membawa perubahan pada pembangunan Simalungun untuk mensejahterakan raykat.

"Kami yakin, DR JR Saragih dapat memberdayakan seluruh potensi yang ada di Simalungun, serta mampu nmemimpin di tengah keberagaman. Nah, itu merupakan modal utama dalam Proses Pembangunan yang merakyat," kata seorang Pengurus Gereja itu.

Sementara itu, dalam acara kebaktuian yang dipimpin Pastor Joseph Rajagukguk, dan Pastor Oktavianus Situngkir, seluruh ummat diajak menjadi saksi atas berkat Tuhan terhadap kehidupan umat manusia. Hal itu katanya, dapat dilakukan, dengan melibatkan diri dalam sebuah proses pembangunan, untuk mensejahterakan rakyat, dan memelihara kedamaian, dengan menciptakan sebuah keharmonisan ditengah-tengah perbedaan.

DR JR menyerahkan bantuan untuk pembangunan itu sebesar Rp20 juta. Turut hadir ribuan jemaat yang berasal dari 27 stasi antara lain Tanah Jawa, Tangga Batu, Huluan Nauli, Silo Bosar, Buntu Turunan serta beberapa jemaat Gereja tetangga. (ing)


sumber : metro siantar

berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply