sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » Unik! Ribuan Warga Sekitar Danau Toba Disidang di Atas Kapal


Garama ParRaya 7:36 PM 0

Medan - Sidang lapangan akte kelahiran di Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) berlangsung unik. Sidang itu berlangsung di atas kapal di tengah Danau Toba.

Ada 1.130 warga yang hadir dalam sidang tersebut, Jumat (2/11/2012). Mereka berasal dari berbagai desa yang ada di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun. Desa-desa itu berada di sekitar kawasan Danau Toba.

Mereka datang dengan menggunakan 10 kapal bermotor. Untuk memperlancar sidang, setiap satu kapal sidang dipimpin seorang hakim dan dibantu panitera. Warga diambil sumpahnya di atas kapal.

Sidang lapangan ini digelar atas kerjasama Pengadilan Negeri (PN) Simalungun dengan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten Simalungun. Maksud utamanya, agar warga juga tak perlu susah-payah datang ke PN yang cukup jauh jaraknya untuk urusan pencatatan kelahiran ini.

"Sidang lapangan ini dilakukan di agar mempermudah warga memperoleh akta kelahiran," kata Bupati Simalungun, Jopinur Ramli Saragih.

Sidang tersebut juga mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Tercatat sebagai sidang pencatatan akte kelahiran di atas kapal yang pertama di Indonesia.




sumber : detik

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply