sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » Potensi Bisnis Hataran Industri, Induk Pendidikan


Garama ParRaya 11:55 PM 0

Pengamat ekonomi Dr Darwin Lie SE MM mengatakan, bila memang akan dilakukan pemekaran Kabupaten Simalungun, itu merupakan kebijakan yang harus mendapat dukungan. Karena di beberapa daerah yang dimekarkan, daerah tersebut jauh lebih berkembang dari sebelumnya.
“Misalnya saja Tapanuli dan Batu Bara. Setelah dimekarkan, daerah itu jauh lebih berkembang dari sebelumnya,” terangnya ditemui METRO, Minggu (19/5).
Ditanya bisnis apa yang paling cocok untuk wilayah Simalungun Hataran, Dr Darwin Lie SE MM mengatakan, bidang pertanian dan perusahaan industri lainnya. Menurutnya, Pemkab Simalungun juga harus mampu dan segera membangun sumber daya manusia agar para investor yang akan menanamkan modalnya tidak perlu mendatangkan tenaga kerja dari luar Simalungun.
Sedangkan untuk Simalungun Induk, yang paling tepat adalah pertanian dan pendidikan. Selama ini wilayah dari Samosir, Tapanuli dan sebagainya, kebanyakan pelajar selalu menuntut ilmu di Kota Siantar dan Medan.
“Kalau saja dibangun di Simalungun Induk, mungkin itu sangat cocok. Karena selama ini banyak pelajar yang menuntut ilmu di Siantar,” jelasnya. Kalau pertanian, selama ini memang yang paling dominan adalah di Simalungun Induk atau Atas.
Dia menambahkan, pemekaran tersebut juga akan berdampak positif terhadap Kota Siantar. Bila pemekaran Simalungun terealisasi, maka Kota Siantar juga ikut berkembang. Karena Siantar merupakan kota yang terletak di tengah Simalungun.
“Selama ini pusat perekonomian warga Simalungun itu di Siantar. Bila dilakukan pemekaran, Simalungun Atas akan maju, begitu juga di Simalungun Bawah.
Dan pendapatan warga Simalungun juga akan meningkat. Tentunya hal itu juga akan semakin mempercepat peningkatan perekonomian di Siantar,” tambahanya. (mag-10)
SUMBER : METRO SIANTAR

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply