sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » Membantu Petani Atasi Masalah Pupuk, “Rumah Kompos” Pertama Didirikan di P. Raya Simalungun


Garama ParRaya 12:57 AM 0

Medan (SIB)
Untuk membantu menyelesaikan permasalahan pupuk di tingkat petani, Koperasi Serba Usaha Agri Prima meresmikan “Rumah Kompos’ pertama mereka di Jalan Sudirman Pematang Raya, Kecamatan Raya Simalungun, Sabtu (25/10).
Peresmian gedung “Rumah Kompos” KSU-Agri Prima yang didirikan alumni Fakultas Pertanian USU Stambuk ’86 itu dilakukan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Nagori Kantor Kecamatan Raya, disaksikan pengurus kelompok tani, penyuluh pertanian lapangan dan siswa/i SMK Pertanian Negeri 1 Pematang Raya.

Ketua KSU Agri Prima Ir Kiki PS Munthe MMA menyebutkan tujuan pendirian Rumah Kompos adalah untuk membantu petani yang sering kesulitan memperoleh pupuk kimia, dan beredarnya pupuk palsu. Selain itu, juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat tani maupun anggota koperasi.
Menurut Kiki, dipilihnya Pematang Raya sebagai tempat pendirian Rumah Kompos karena pertanian di daerah itu sudah cukup maju, dan masyarakat petani telah mampu melakukan pertanaman tumpang sari 2 (dua) hingga tiga jenis komoditi pada satu lahan pertanian. “Para petani di daerah ini juga cukup respon menerima dan mengembangkan inovasi-inovasi baru bidang pertanian,” katanya.
Sementara itu Wakil Ketua Alumni FP USU Stb ’86 Ir Siti Zaleha mewakili Ketua Alumni memberi apresiasi tinggi kepada KSU Agri Prima, karena di tengah krisis global dan kompleksnya permasalahan yang dihadapi petani, masih ada pihak yang peduli terhadap kehidupan petani dengan tidak memfokuskan pencapaian profit sebagai prioritas utama.
“Berbahagialah masyarakat petani di Pematang Raya ini, karena para alumni FP USU Stambuk 86 yang tersebar di seluruh Nusantara mau memberi bantuan berupa ilmu, materi dan moril demi kemajuan petani. Mudah-mudahan ke depan, KSU Agri Prima mampu membuka Rumah Kompos yang baru di daerah-daerah lain di Sumatera Utara ini,” ujar Siti Zaleha seraya menginformasikan, untuk saat itu saja, KSU telah menerima pesanan 7,5 ton pupuk organik yang diperuntukkan bagi petani.
Pada kesempatan itu, juga dilakukan demonstrasi pembuatan pupuk organik dengan melibatkan langsung kelompok tani, penyuluh pertanian lapangan, siswa/i SMK Pertanian Negeri 1 Pematang Raya. (R8/d)

sumber : hariansib

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply