sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » Konsul Amerika Kunjungi Simalungun


Garama ParRaya 11:05 PM 0

Bantu Kembangkan Pariwisata Danau Toba
RAYA- Dalam rangka menindak lanjuti program kemitraan Presiden Amerika Serikat Barak Obama dan Presiden RI SBY, Konsul USA untuk Sumatera Utara Anthony C Woods berkunjung ke Kabupaten Simalungun, Rabu (10/8). Anthony disambut langsung Bupati JR Saragih di kantornya Pamatang Raya.
Kedatangan Konsul Amerika ini bertujuan mengenalkan Simalungun ke penjuru dunia, terutama ke Amerika Serikat. Selain itu, kedatangannya juga akan membantu daerah ini dalam meningkatkan pendidikan, pertanian dan kemungkinan membantu pembangunan sarana air minum dan sanitasi.

Menurut Konsul Amerika yang berkulit hitam ini, Danau Toba kurang dikenal di mata dunia, hal ini juga salah satu menjadi motivasi tersendiri bagi konsul USA untuk datang ke Simalungun yang saat ini sedang melakukan berbagai pembangunan di Kota Pamatang Raya.
Dia berharap, kedatangannya di Simalungun dapat memberikan pengaruh positif dalam percepatan pembangunan pariwisata di terutama kawasan Danau Toba. Dalam pertemuannya dengan bupati, Anthony mengungkapkan pihaknya datang ke Simalungun ini bersama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara dan akan membuka Sumatera Information Centre.
“Ini akan menjadi pusat informasi bagi para wisatawan, investor dan bisnismen yang tertarik dan ingin tahu potensi Sumatera khusunya Simalungun,” katanya.
Hubungan yang akan di bangun antara Simalungun dengan USA Anthony mengatakan, sudah diketahui oleh Duta Besar (Dubes) Amerika untuk Indonesia, yaitu kemitraan yang merupakan tindak lanjut atas ditandatanganinya kerja sama komprehensif antara Amerika dengan Indonesia.
“Perjanjian Kompreshensif ini ditandatangani oleh Presiden Obama dengan Presiden SBY, sehingga kunjungan saya ke Simalungun dan beberapa daerah lagi di kawasan Danau Toba sudah diketahui oleh Dubes, sehingga saya yakin ini akan mendapat dukungan dalam menyusun program selanjutnya,” tandasnya.
Anthony mengungkapkan, Danau Toba sebenarnya sangat indah, namun kurang dikenal dibanding Bali, untuk itu kawasan ini perlu didukung. Salah satu caranya melalui dana United States Agency for International Development (USAID) yang diharapkan akan mampu mengangkat potensi Danau Toba ke pasar pariwisata dunia melalui informasi center.
Hal lain yang menjadi topik pembicaraan antara Bupati Simalungun dengan Konsul USA yang berdomisili di Burma ini mengenai bantuan air minum dan sanitasi kepada Simalungun melalui program USAID.
“Saya akan mencoba membantu Simalungun mendapatkan program ini, karena memang air bersih dan sanitasi di daerah ini belum terpenuhi secara baik,” tambahnya.
JR Saragih mengakui minimnya dana promosi pariwisata Simalungun. Oleh karena itu dia berharap pada APBD mendatang, dana untuk pariwisata khusunya dana promosi, lebih ditingkatkan.
Untuk air minum dan sanitasi, bupati mengatakan, masih banyak masyarakat di Simalungun yang membutuhkan sarana air bersih yang cukup baik dan sanitasi yang mendukung pada kesehatan. Kekurangan air bersih ini menurut Bupati, disebabkan kurangnya dana yang mendukung untuk membangun saluran air bersih dan menggali potensi air bersih.
“PDAM Tirtalihou sebagai perusahaan daerah di Simalungun memang sudah mulai membaik, namun masih membutuhkan dukungan dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat. Hingga saat ini masih sekitar 40 persen dapat dilayani di daerah ini,” ungkap Bupati.
Bupati Simalungun berharap, ke depan bukan saja pendidikan yang semakin maju, tetapi petani juga turut berhasil, seperti petani jeruk misalnya tidak ada yang menjadi penghalang untuk berkomunikasi dengan pertanian Amerika karena para petani itu akan diberi kursus bahasa inggris dan cara-cara bercocok tanam.
Di akhir pertemuan, bupati didampingi Sekda serta beberapa pimpinan SKPD memberikan seperangkat pakaian adat Simalungun dan ulos pamotting kepada pengurus Kadin Sumut yang turut mendampingi kunjungan konsul Amerika ini ke Simalungun. (ral/leo)

sumber :metro siantar
berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply