sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » Shanty Theresia Putri Girsang


Garama ParRaya 2:00 AM 0




BIODATA
Nama Lengkap : Shanty Theresia Putri Girsang
Nama Panggilan Keluarga : Tresy
Nama Panggilan Temen ( sehari-hari ) : Tere ( Re )
Nama Artis : Resya
Nama Bapak : Nomensen Fr. Girsang
Nama Ibu : Rosdimia br Simarmata
Ttl : Sidikalang, 19 juli 1986
Usia : 25 tahun
Anak ke 2 dr 5 bersaudara.

19 juli 1986 seorang mama yang cantik dan sangat baik hatinya boru simarmata melahirkanku dan mengenalkanku kepada dunia ini.
Bunturaja, sekitar 2 jam dr sidikalang, disitu aku dilahirkan, desa yang kecil dan masih dihuni oleh suku2 simalungun. Diumurku yang berusia 6 tahun, aku duduk dibangku sekolah SD bunturaja.
Semasa SD aku sudah suka bernyanyi, yah walaupun hanya bernyanyi-nyanyi biasa…ditahun 1993..hahaha diusia 7 tahun yang sampai saat ini masih teringat dihatiku adalah lagu dari alm poppy mercury yang berjudul hati siapa tak luka. Saat terdengar olehku di televise yang masih belum berwarna ( hitam putih ) aku berlari mengambil kertas dan pensil ( pitolot )dan aku mencatat..perlahan – lahan lagu itu akhirnya selesai dan aku terus menghafalnya dan selalu menyanyikannya. Begitu juga dengan lagu-lagu digreja ( buku ende ).
Sepulang sekolah aku bersama abangku yang terkasih alm. Parlindungan Lamona Alfonso Girsang, ( Parlin )menyusul mama keladang, tapi tidak dengan papaku, karena papaku bukan orang desa, papaku orang kota ( sebutan orang desa untuk orang yang tinggal dikota ) besar di brastagi, sebuah kota yang sangat sejuk dan byk turis berdatangan kesana.
Mencangkul, memetik kopi menanam jagung dan hal-hal yang biasa dilakukan diladang, makan bersama diladang..aku selalu bernyanyi, dan ladang2 tetangga juga ikut mendengar..( apah * panggilan to abangku * tresy, tor gatti bajumu nai da, berengi disopo-sopoi,pakke tangan panjangi,asa unang mohopan, godang muse rongit ) seperti itulah hari – hariku semasa kecil didesa yang penuh kenangan sampai diusia 9 tahun ( kecuali dihari minggu tidak keladang, karna kegereja dan bermain – main, permainan yang masih kuingat sampai saat ini adalah “ sitekka “)
SADDAM…begitu warga bunturaja memanggil papaku, karna doi bersuara yang kencang sekali dan ditambah kulitnya yang hitam hehehe.
Pulang dari ladang aku sering melihat papaku di kede kopi persis didepan rumah dengan kostumnya..jacket kulit berwarna hitam, kaos oblong dan celana berbahan jeans, tidak pernah lupa memakai ikat pinggang dan sepatu jenggel hitam. Terkadang dia bernyanyi dan terkadang dia bermain catur.
Tesi … begitu warga bunturaja memanggilku, “ ai holanna maredde doho inang , dang marnalojaho namareddei “ begitulah yang sering mereka lontarkan. Dan saat mendengar aku hanya tersenyum hehehe dan mamaku bilang “ ai ido dobah, songon bapana don, maredde torus “
Ditahun 1995 adikku yang paling kecil lahir, setelah beberapa bulan kelahirannya aku keluar dr desa bunturaja dan tinggal di pasar minggu jakarta selatan bersama tulang dan keluarganya.
Singkat cerita ditahun 1996 aku kelampung, karena keluargaku memutuskan pindah kelampung ( merantau ). Dan mendengar itu aku ingin bersama keluargaku.
Setiap usiaku bertambah 1 tahun, papaku selalu memberi kado sebuah kaset, Nicky Astria, Anggun C Sasmi , Nike Ardilla, Desy Ratnasari, Paramitha Rusady, Mayang Sari dan masih banyak lagi.

Setiap pagi papaku selalu menyetel kaset dengan suara yang cukup keras, hahaha pagi2 udah brisik aja.
Waktu berjalan dan usiaku sudah belasan tahun dan aku semakin jatuh cinta yang namanya nyanyi. Saat ada waktu, aku selalu memasang kaset CD dan ada kalanya aku karokean.
Mengikuti setiap lomba karaoke waktu HUT Dirgahayu di daerah rumah,,,dan selalu menang..hehehe.
Semasa SMA aku mulai mengikuti setiap audisi – audisi, walaupun gagal rasanya aku tidak pernah patah semangat dan aku sangat menikmati masa mudaku.

Tahun 2005 aku menjadi 25 finalis diajang Rasubha Big Talent ( RBT ) sebuah radio di Bandar Lampung.
Pengalaman pertama yang sangat berharga untukku, walaupun di semi final aku tidak menang. Bahagia rasanya saat bernyanyi dipanggung itu, berlari kesetiap sudut panggung dan diakhir laguku aku melihat dan mendengar tepuk tangan. Wow rasanya seperti terbang ( bukan sombong ). Dan aku semakin jatuh cinta dengan nyanyi. Dan bagiku bernyanyi itu ajaib dan indah dan bernyanyi juga pekerjaan hatiku.

Tahun 2006 aku hijrah ke brastagi dan di januari 2007 pertama kali aku mengikuti audisi Indonesian Idol yang di Medan. Setelah melalui beberapa tahap aku gagal. Sedih rasanya, karena sebelum itu aku banyak meminta dukungan Doa dari keluarga besar dan teman-teman. Pada saat itu abangku terkasih Alm. Parlin terbaring lemah di RSAM Bandar Lampung..karena mengalami luka bakar.
Aku down banget, aku merasa aku sangat mengecewakan keluarga besar dan teman-temanku, walaupun mereka tidak berkata seperti itu dan mereka masih mendukungku.
Tapi itu tidak bertahan lama,hanya beberapa jam aku down., aku sadar aku tidak bisa tanpa bernyanyi, walaupun hanya bernyanyi-nyanyi dirumah dan dikamar mandi…hehehe

Akhir januari 2007 aku mengikuti lomba nyanyi di sibayak post ( sebuah majalah dibrastagi ) dan aku mendapatkan juara ke 2. Awal februari 2007 aku kembali ke Lampung bersama ke 2 orangtuaku, abang dan ke 3 adikku. Aku kembali karena harus merawat abangku terkasih yang masih terbaring lemah di RSAM. Disamping itu istri dari abangku tidak mau merawat, adikku masih sekolah dank e 2 orang tuaku mencari nafkah untuk kelanjutan hidup.

Selama 1 tahun aku merawat abangku terkasih di RS, banyak sekali pengalaman dan suka duka kehidupan yang aku temui, aku rasakan disana. RS seperti penjara bagiku. Sakit sekali rasanya mengetahui dimasa mudaku aku hanya menjaga orang sakit. Aku bertemu dengan temanku yang sedang PKL ( sekarang perawat ) yang dulu kami sama-sama mengikuti audisi di RBT. Dia kaget melihatku dengan baju dan celana pendek ( celana hawai ) aku merasa seolah-olah dia tidak mau berlama-lamadenganku. Aku tidak mengerti apakah itu hanya perasaanku saja.
Aku bergaul dengan orang-orang yang berjualan di RS itu, membantu OB disana dengan membagi – bagikan makanan pada pagi siang dan sore hari, mencuci piring , menyapu dan mengepel RS. di Ruang Kutilang. Yah seperti itulah hari – hariku di RS. Aku tidak perduli dengan pandangan orang, yang aku tau aku harus melakukan itu dan tetap bersyukur atas apapun yang terjadi, karena lelahku adalah bahagiaku dan keluargaku adalah nfasku.

Sangking lamanya di RS aku diberi sebutan ibu camat RS…aku hanya tertawa dan tersenyum saat mereka berkata seperti itu. Diluar aku selalu ceria dan selalu bernyanyi,mereka dan teman- teman yang mengenalku bilang “ rusuh banget she elo, ga bisa diem “ hehehe aku jg selalu bernyanyi untuk menghibur abangku terkasih dengan duduk disampingnya. Terkadang tanpa sadar air mataku menetes dan abangku berkata “ ko nangis dek, maaf ya dek gw jd ngerepotin elo” dan aku hanya bs tersenyum dan berkata “ gpp ko bang, kan kita sayang abang, abang mau lagu apa”. Dia tertawa.

Tepatnya tgl 02 -02 – 2008 abangku terkasih pergi untuk selamanya kerumah Bapa. Kurang lebih 16 bulan terbaring lemah di RS. tidak mau berlama – lama larut dalam kesedihan awal juli 2008 aku memutuskan untuk ke Jakarta, yah menjelang hari – hari dan mimpiku.
Aku bersyukur dengan tulang dan nantulang yang dengan senang hati mengajakku untuk tinggal bersama mereka. Bekerja di sebuah biro iklan dan didealer computer. Tidak luput dari dukungan nantulangku ( br. Tarigan )
Mungkin aku hanya tamat SMA, tapi aku sangat optimis kalau aku akan mendapatkan pekerjaan itu. Setiap hari mencari pekerjaan, keliling – keliling Jakarta dan akhirnya sampai saat ini aku msh bekerja sebagai marketing di delaer computer hanya dengan ijazah SMA, kuberanikan diriku untuk bertanya kesetiap perusahaan yang kudatangi. Aku seperti orang yang tidak punya malu, ah tapi aku tidak perduli. Yang aku tau boru simalungun itu pemberani dan dari kecil aku memang tidak pemalu dan aku bangga menjadi orang simalungun.

Yah kemanapun aku pergi, kepada siapapun aku berkenalan, aku tidak lupa memberitahukan margaku dan mamaku. Aku bangga menjadi orang simalungun..” Hallo aku tere boru girsang dan mamaku boru simarmata “ terkadang ada candaan “ wah lengkap banget, opungnya dan tetangga- tetangganya marga apa..hehehhehe “. Kehidupan di Jakarta tidak semuanya enak, tapi memang harus kita lalui. Mempunyai komunitas baru yang didalamnya harus kita mengerti 1 per satu dan aktif dalam persekutuan dan youth digreja.
Untuk ke dua kalinya februari 2010 aku mengikuti adusi Indonesian Idol di Jakarta dan aku gagal lagi..dan masih ada beberapa audisi yang aku ikuti, walaupun gagal tapi aku tidak patah semangat.

Singkat cerita temenku ( kakak rohani ) mengenalkanku kepada abangna, kebetulan doi bekerja di management penyanyi batak yg sudah tdk asing lagi Jack Marpaung. Kala itu JM membuka audisi untuk penyanyi batak. Mendengar itu aku optimis banget dan aku email suaraku. Saat suaraku diperdengarkan “Mario Sinambela “ salah satu personil Amonk Band, Sekaligus Produser dr lebelku ESA MUSIC, bisa di lihat di www.esamusic.blogspot.com. mendengar dan mengcopy suaraku ke flashdisknya dan aku diajak bergabung dalam album kompilasi 1 Hati 1 Cinta. Aku tau itu semua adalah kado dari Tuhan yg sangat luar biasa itu, bahagia dan terus semangat

04 juni 2011 pada hari sabtu , aku masuk studio rekaman dan pada saat yang bersamaan rumah keluargaku di Lampung terbakar dan habis semua dikarenakan kompor meledak. Puji Tuhan tidak ada korban dan saat ini keluarga besarku sudah tinggal dibrastagi. Yah aku tau segala sesuatu mendatangkan kebaikan.

19 juli 2011 usiaku tepat 25 tahun. Ucapan-ucapanberdatangan baik dr keluarga besar, teman-teman dan komunitasku. “ Tere HEPPOT happy bday yah “ hehehe mereka memanggilku dengan kata seperti itu. katanya aku sangat HEPPOT. Tapi aku sama sekali tidak terganggu dengan sebutan itu..:)

Nyanyian Happy bday dr papa, mamaku dan ke tiga adik-adikku yang luar biasa dan keluarga besar dan komunitasku. Tanpa sadar air mataku jatuh lagi dan yang aku tau AKU BAHAGIA…Trims Tuhanku.

Ada sebuah kata dari adikku,( Christine Nathalia Sitanggang )yg aku dapat dihari ultahku bahwa “ HIDUP ini sangat berharga, sayang banget kalau hanya diisi dengan kesedihan” Yeaaahh mendengar ini aku semakin optimis untuk apapun dan khususnya untuk mimpi besarku..yah menjadi seorang penyanyi.
Dan memperbaiki kesejahteraan kantong.
Mungkin tidak bisa memberi sebuah istana untuk keluarga dan rekan-rekan seperjuangan, tapi saat mereka tersenyum dan tertawa itu sebuah hadiah yg luar biasa bagiku..yah bagi boru simalungun.

Aku bersyukur dan sangat bersyukur untuk ke dua orang tuaku, ke tiga adikku dan kenangan- kenangan bersama Alm. Keluarga besar dan komunitas yang selalu mendukungku. I Love & God Bless U All.
HIDUP INI INDAH……

Ini salah satu Album ku yang udah beredar di Toko-toko di bawah Label ESA MUSIC www.esamusic.blogspot.com.


BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply