sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » » Bantuan Siswa Miskin untuk Kabupaten Simalungun Tertahan di Pemprovsu


Garama ParRaya 1:56 AM 0

RAYA-Bantuan Siswa Miskin (BSM) tahun 2011 senilai Rp2,1 miliar untuk Kabupaten Simalungun masih tertahan di Biro Keuangan Pemprovsu. Bantuan ini ditujukan bagi sekitar 6.000 siswa miskin, mulai SD hingga SMA.


“Sampai sekarang sebanyak Rp2,1 miliar BSM tahun ini belum kita terima. Hari Senin (8/8) akan saya suruh staf ke Medan menanyakan masalah ini,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Simalungun Albert Sinaga, Kamis (4/8).


Menurut data yang disampaikan Albert, sekitar 6.000 siswa mereka usulkan ke Disdik Sumut untuk menerima bantuan. Kategori penerima bantuan yakni siswa dari keluarga miskin yang dibuktikan dengan surat keterangan dari lurah atau pangulu nagori.
“Setiap bulan masing-masing siswa akan menerima Rp60 ribu. Pencairan dilakukan setiap semester. Untuk datanya, kita minta kepala sekolah menentukan secara objektif. Namun kita berusaha agar yang menerima bantuan ini termasuk siswa miskin yang berprestasi dan berperilaku baik di sekolahnya,” jelasnya.
Dikatakan Albert, jika dana ini cair, tidak ada sangkut-pautnya dengan Disdik Simalungun. Dana dikirimkan Disdik Sumut ke kas daerah kabupaten/kota. Selanjutnya dikirimkan ke rekening masing-masing sekolah. Jika rekening sekolah yang bersangkutan belum ada, dikirimkan ke kantor pos terdekat.
Anggota DPRD Sumut dari wilayah pemilihan Simalungun, Janter Sirait mengaku sudah menelusuri ke Pemprovsu terkait belum cairnya BSM untuk Simalungun.
Penuturan Janter, sesuai informasi yang diperolehnya, Disdik Sumut telah menyerahkan berkas BSM Simalungun ke Biro Keuangan Sekretariat Daerah Pemprovsu. Saat ini, BSM Simalungun tertahan di Biro Keuangan.
“Kendalanya di Biro Keuangan. Kita minta supaya Biro Keuangan jangan memperlambat pencairan BSM untuk Simalungun, begitu juga dengan kabupaten/kota lain. Kita minta Kepala Biro Keuangan yang baru lebih proaktif,” jelasnya.
Sepengetahuan dia, Biro Keuangan Pemprovsu memang baru diganti. Namun dia berharap pencairan BSM jangan dipersulit.
“Siswa-siswa ini jangan dibuat berlama-lama menunggu. Kasihan mereka menunggu yang menjadi hak mereka,” tukasnya. (ral/awa)

sumber :metro siantar
berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply