sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » DPRD Minta Pemkab Tinjau Ulang Kontribusi Investor


Garama ParRaya 3:33 AM 0

SIMALUNGUN - DPRD Simalungun mendesak Pemkab Simalungun mengkaji ulang kontribusi investor untuk mendukung pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.


Ketua DPRD Simalungun, Binton Tindaon, meminta pemerintah daerah untuk mengevaluasi kontribusi investor, baik dalam bentuk community social responsibility (CSR) maupun retribusi, serta pajak-pajak yang menjadi pendapatan asli daerah (PAD), apakah sudah sesuai kelayakan atau kepatutannya.

Politisi asal Partai Golkar itu menilai, selama ini kontribusi yang diberikan investor yang ada di Kabupaten Simalungun, masih jauh dari kelayakan dan kepatutan dibandingkan dengan laba yang diperoleh.


Menurutnya , perhitungan pemberian kontribusi investor kepada pemerintah daerah dan masyarakat Simalungun, perlu dilakukan lebih cermat lagi, tanpa melanggar ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga keberadaan investor diharapkan benar-benar memberikan manfaat untuk menunjang kemajuan pembangunan daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“ Pengkajian ulang kontribusi investor kepada pemerintah daerah perlu dilakukan sebagai upaya meningkatkan peran dan perhatian investor untuk berpartisipasi dalam mendukung keberhasilan pembangunan daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat Simalungun,” papar Binton.

Dia menambahkan, sebaiknya kontribusi yang diberikan investor dalam bentuk partisipasi pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat, khususnya yang berada di sekitar kawasan perkebunan, yang disinergiskan dengan program pembangunan daerah.

“ Kebanyakan kontribusi investor dalam bentuk CSR maupun CD, menurutnya tidak sinergis dengan program pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Simalungun, sehingga manfaatnya tidak untuk jangka panjang,”papar Binton.

Dia menambahkan, jika nantinya dari hasil kajian yang dilakukan, kontribusi yang diberikan investor sangat minim dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh setiap tahunnya, pemerintah daerah akan meminta ditingkatkan dan disesuaikan dengan kelayakan serta kemampuan investor.(sin/c)

sumber :harian simantab
berita terbaru klik nasiam ijon

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply