sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » UNEFA dan Garingging Gelar Seminar Nasional


Garama ParRaya 1:13 AM 0

Menelusuri Kepahlawanan Tuan Rondahaim Menentang Belanda

 
Darwan E Saragih
RAYA – Universitas Efarina (Unefa) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hasadaon Saragih Garingging, Boru pakon Panogolan Kabupaten Simalungun, akan menggelar Seminar Nasional Kepahlawanan Tuan Rondahaim Saragih Menentang Belanda di Sumatera Utara.

Seminar itu akan digelar, Jumat (1/2) mendatang di Aula Kampus Unefa, Hapoltakan Raya. Seminar ini ditujukan untuk membahas Sejarah Perjuangan Tuan Rondahaim Saragih menentang Kolonialisme Belanda, ditinjau dari segi budaya, sosok kepemimpinan dan perlawanan Tuan Rondahaim oleh beberapa narasumber berkompeten.

Ketua DPD Hasadaon Saragih Garingging, Boru pakon Panogolan Kabupaten Simalungun Drs Garinsen Saragih didampingi Ketua Panitia Seminar Darwan Saragih ST MPd, kepada METRO, Minggu (27/1) menjelaskan, Tuan Rondahaim Saragih Garingging adalah Raja Raya yang menentang penjajahan Belanda secara terang-terangan melalui perlawanan bersenjata, baik di daerah Simalungun hingga ke daerah Tebing Tinggi, di wilayah Padang (Tebing Tinggi sekarang, red) yang merupakan wilayah Kesultanan Deli.

Perjuangan Tuan Rondahaim menentang Kolonialisme Belanda telah diakui Pemerintah Republik Indonesia, dengan diberikannya Piagam Tanda Kehormatan Presiden RI Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama dengan nomor 2634/UI/1999. Melalui piagam ini, Rondahaim sudah diakui sebagai pejuang dari Sumatera Utara, meski belum sampai kepada pengakuan sebagai Pahlawan Nasional.

“Seminar Nasional ini nantinya menjadi bahan untuk pengusulan Tuan Rondahaim menjadi Pahlawan Nasional. Dukungan dan rekomendasi dari seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Simalungun sangat diharapkan,” kata Garinsen Saragih.

Ditambahkan Garinsen, Tuan Rondahaim Saragih merupakan salah satu putra terbaik Simalungun yang harus menjadi kebanggaan bersama masyarakat di Simalungun. “Walau pun kami sebagai marga Garingging yang mendorong pengusulan ini, tetapi ini untuk kepentingan bersama Masyarakat yang ada di Kabupaten Simalungun. Dukungan Pemkab, DPRD Simalungun dan Uspida dan seluruh elemen masyarakat sangat diharapkan,” katanya.

Sementara Ketua Panitia Darwan Saragih menambahkan, Seminar Nasional Kepahlawanan Tuan Rondahaim akan menghadirkan pembicara dari Dirjen Kementerian Sosial, Harto Juono MHum dari Universitas Indonesia, Dr Suprayetno MHum dan Dr Budi Agustono dari Universitas Sumatera Utara dan Pdt Juandaha Purba MTh dari Kalitkom Kantor Pusat GKPS.

“Selain narasumber, kita juga mengundang perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, media cetak dan elektronik, ormas dan kepemudaan,” katanya. Ditambahkan Darwan Saragih, Pemkab dan DPRD Simalungun akan merekomendasi hasil seminar ke Provinsi Sumatera Utara, selanjutnya akan disampaikan ke Presiden RI melalui Kementerian Sosial.

“Kami juga berharap, partisipasi penuh dari Keluarga Besar Saragih Garingging untuk mendukung terlaksananya acara Seminar Nasional ini, sekaligus Pesta Bona Taun Hasadaon Saragih Garingging Kabupaten Simalungun, tanpa terkecuali. Semua ini dari, untuk dan bagi kita,” katanya. (esa)

sumber : metro siantar

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply