sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » Ketua KTNA Simalungun Edi Mulianson Purba Kerusakan Hutan Mengakibatkan Debit Air Irigasi Menurun


Garama ParRaya 7:52 PM 0

Simalungun (SIB)
Ketua KTNA Kabupaten Simalungun Edi Mulianson Purba mengatakan, kerusakan hutan mengakibatkan debit air irigasi menurun sehingga banyak lahan sawah tidak terairi. Kerusakan hutan akibat penebangan yang tidak memperdulikan kelestarian alam, menyumbangkan kerugian besar terhadap petani, sekaligus berdampak pemanasan global.
Hal itu disampaikan, saat Temu karya dan sarasehan KTNA Kabupaten Simalungun serta pencanangan gerakan bersama pemberhasilan program pertanian di Tigarunggu Kecamatan Purba, Selasa (22/6). Turut hadir, Bupati Simalungun Drs HT Zulakarnain Damanik MM, anggota DPRD Simalungun Hj Herlina Gusti Nasution dan Balker Haloho, Sekda Simalungun Ir Mahrum Sipayung, Pimpinan SKPD, camat, pangulu dan KTNA Kabupaten dan Kecamatan serta para Kelompok Tani.

Selanjutnya Ketua KTNA memaparkan, untuk membangun pertanian di Simalungun diperlukan, peningkatkan kemampuan petani melaui peningkatan kwalitas PPL, mengatasi kesulitan petani untuk mengakses fasilitas permodalan, jalan usaha tani rusak mengakibatkan hasil panen sulit dipasarkan sehingga sangat dibutuhkan perbaikan jalan usaha tani yang memadai.
Kemudian, perlunya ketersediaan sarana produksi yang berkualitas dan terjangkau petani menunjang peningkatan produksi dan pendapatan petani dan pencanangan gerakan bersama pemberhasilan program pertanian.

Sementara Bupati Simalungun Drs HT Zulkarnain Damanik MM menyampaikan rasa syukur karena selama dirinya menjabat sebagai Bupati Simalungun, dikatakan belum ada gangguan-gangguan yang berarti dari hasil pertanian di Kabupaten Simalungun.
Bupati juga menyampaikan, Pemkab Simalungun akan memberikan bantuan terutama bagi para penangkar bibit di Kabupaten Simalungun. Namun, yang mendapatkan bantuan dikhususkan bagi yang benar-banar sangat membutuhkan.

Acara juga dirangkai dengan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bupati Simalungun kepada perwakilan petani/kelompok tani berupa, benih padi, bibit kentang, bibit jeruk, benih cabe, stek ubi kayu, bibit kopi dan rumah kompos.
Pada kesempatan itu, Drs HT Zulkarnain Damanik MM juga menerima seperangkat pakaian adat Simalungun dari masyarakat Kecamatan Purba. Usai acara, dilakukan dialog antar petani/kelompok tani dengan pihak Pemkab Simalungun. (JMG/y)

sumber : harian sib
berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply