sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » » Simalungun Pilot Project NIK Online


Garama ParRaya 11:54 PM 0

SIMALUNGUN-METRO; Kabupaten Simalungun, baru-baru ini ditetapkan sebagai pilot project Telkom se- Indonesia untuk NIK online. Hal ini, didasari keterlibatan Telkom, mendukung pelaksanaan program NIK Online, yang sedang dilaksanakan Pemkab Simalungun.

Demikian disampaikan, Riswanto Simarmata SE, selaku Kabid Informasi Dinas Kependudukan, dan Catatan Sipil Simalungun baru-baru ini.

Menurut Riswanto, dalam pertemuan antara Telkom dengan Bupati Simalungun, yang diwakili Plt Sekda Simalungun Jumsadi Damanik belum lama ini, pemerintah memberi sambutan positif atas dukungan Telkom dalam pelaksanaan program NIK Online tersebut. Dalam hal ini, Telkom bertindak sebagai penyedia jaringan internet, untuk keperluan NIK Online.

Untuk tahap pertama, kata Riswanto, Telkom akan membantu penyediaan jaringan di 5 central operator NIK Online di 5 kecamatan yang menjadi prioritas, yakni Kecamatan Raya, Siantar, Girsang Sipangan Bolon, Dolok Batu Nanggar, dan Bandar.

Sedangkan pada tahap lanjutan, katanya, di 5 kecamatan ini, akan didirikan 5 V-Sat untuk kebutuhan 31 kecamatan se-Simalungun, dalam rangka program NIK Online.

Dalam pelaksanaan program NIK Online ini, kata Riswanto, ada sejumlah keuntungan yang diperoleh melalui kerja sama dengan Telkom. Salah satunya, soal penghematan anggaran. Sebagai contoh adalah pembangunan fasilitas V-Sat. Agar seluruh wilayah Simalungun dapat terlayani progran NIK Online, kata Riswanto, dibutuhkan 5 V-Sat sebagai terminal. Jika dalam kondisi normal, pembangunan 5 V-Sat membutuhkan dana hampir Rp2,65 miliar dan belum termasuk biaya layanan dan perawatannya.

Sedangkan melalui kerja sama dengan pihak Telkom, dana yang tersedot hanya Rp880 juta, untuk pembangunan 5 V-Sat, serta biaya jasa layanan selam setahun.

"Nah, melalui kerja sama ini, penggunaan anggaran dapat kita tekan. Dengan kata lain, sisa dana dapat digunakan untuk kebutuhan yang lain, yang menyangkut keperluan warga," tukasnya. (ing)

sumber : metro siantar
berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply