sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » Simalungun jadi 2 Kabupaten


Garama ParRaya 11:52 AM 0


9 Kecamatan Minta Pemekaran
SIMALUNGUN-METRO; Sedikitnya 9 kecamatan meminta agar Kabupaten Simalungun dimekarkan menjadi dua kabupaten. Kesembilan kecamatan tersebut adalah, Kecamatan Hatonduhon, Tanah Jawa,Ujung Padang, Jawa Maraja Bah Jambi,Bosar Maligas, Girsang Sipangan Bolon, Dolok Panribuan dan Jorlang Hataran.

Salah seorang anggota DPRD Simalungun, Manandus Sitanggang dalam arahannya mengatakan, dengan adanya pemekaran Simalungun, di sana akan lebih diserap banyak pengangguran menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). "Rakyat Kabupaten Simalungun akan dirugikan kalau pemekaran tersebut tidak direalisasikan. Pelestarian budaya Simalungun harus ditempuh dengan membuat rakyat sejahtera," ungkap Manandus

Lebih lanjut Manandus mengungkapkan, pemekaran adalah membuat proses demokrasi lebih cepat terjadi, yaitu mencakup kedekatan rakyat pada Bupatinya. Sehingga aspirasi masyarakat dapat tersalur dengan baik. "Sulit dibayangkan rakyat yang tinggal di Kecamatan Ujung Padang dan Dolok Pangribuan dengan Bupati yang berada di Pematang Raya" katanya lagi.

Menurutnya dengan pemekaran Kabupaten Simalungun, pelayanan publik oleh pemerintah lebih optimal, baik pembangunan fisik maupun pelayanan birokrasi akan lebih efektif.

Direncanakan, pemekaran Kabupaten Simalungun menempatkan kantor Bupatinya di Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa yang bernama "Simalungun Bona". Diharapkan pemekaran Kabupaten Simalungun Bona didukung Bupati Simalungun, DPRD, Partai Politik dan tokoh masyarakat yang berada di sembilan kecamatan.

Dikatakannya, pada dasarnya tujuan pemekaran adalah untuk mensejahterahkan rakyat melalui pemerataan pembangunan baik infratruktur. "Aspirasi pemekaran ini datang dari masyarakat, maka pemekaran harus diperjuangkan," ujarnya. Sementara Egi Samosir salah seorang pemrakarsa pemekaran Simalungun mengatakan, pemekaran juga akan mempercepat perkembangan ekonomi semakin cepat. "Konsep yang baik ini mari kita wujudkan ber sama dan jangan sampai dipolitisi," ungkapnya. Sebelum penutupan acara seluruh masyarakat, kadus, pangulu, tokoh masyarakat dan kepala nagori membuat pernyataan sikap atas dukungan pemekaran Simalungun Bona.

Kemudian pernyataan dukungannya diserehkan kepada Manandus Sitanggang oleh tokoh masyarakat dan pangulu. Direncanakan peryataan sikap tersebut akan diserahkan kepada Pemerintah pusat oleh anggota Manandus Sitanggang. (osi)


sumber : metro siantar
berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply