Select Menu
Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » Warga Parapat ‘Dingin’ Tanggapi Pemekaran Simalungun


garama parraya 9:01 PM 0


PARAPAT-METRO; Warga Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun tampaknya ‘dingin’ alias tidak tertarik membahas pemekaran Kabupaten Simalungun.

Kepada METRO, Minggu (7/11) salah seorang Tokoh Masyarakat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Op Aron Sidabutar menuturkan, selama ini warga Girsang Sipangan Bolon jarang diikutsertakan membicarakan pemekaran Simalungun. Maka untuk sementara, warga Parapat lebih fokus mendukung program Bupati Simalungun, DR JR Saragih SH MM.

Ketua Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru-Bere, Ibebere, Tumpan Sinaga yang juga sebagai Ketua Pemangku Adat Siraja Batak (PAS) Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, juga merasa heran dengan informasi seperti diberitakan mas media bahwa perwakilan dari masyarakat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon sepakat membentuk Simalungun Bona sebagai salah satu pemekaran kabupaten. "Kami tidak mengetahui itu, dan sepertinya kami di sini belum pernah menyepakati perwakilan kecamatan untuk duduk satu meja di kepantiaan," ujarnya.

Menurut Tumpan, pemekaran wilayah adalah merupakan suatu upaya dalam memeratakan pembangunan dan sudah seharusnya direspon secara positif oleh masyarakat. Dan sebagai daerah otonom, daerah mempunyai kewenangan dan tanggung jawab menyelenggarakan kepentingan masyarakat berdasarkan keterbukaan, partisipasi masyarakat berdasarkan keterbukaan, partisipasi masyarakat dan pertanggung jawaban kepada masyarakat, tapi kalau kita belum pernah duduk satu meja, bagaimana mungkin itu terjadi. "Jadi harus ada kesepakatan dan saling komunikasi, bukan sembarang tokoh, karena kami warga Kecamatan Girsang Sipangan Bolon sudah bosan ditokohi. Jadi jujur saja, kami sekarang lebih berkonsentrasi melihat sepak terjang Bupati JR Saragih, apakah belia mau membangun kota wisata Parapat secara keseluruhan. Sebab, kalau kita membicarakan pemekaran distarter awal kinerjanya, bisa saja mengganggu konsentrasi beliau. Jadi kita lihat-lihat saja dulu dan bila tidak ada apa-apanya, maka kita justru lebih tertarik mendengungkan Kota Wisata Parapat dari pada Pemekaran Kabupaten, karena Parapat hingga saat ini adalah salah satu Kecamatan penyuplai Pendapatan Asli daerah (PAD) terbesar di kabupaten Simalungun," pungkasnya. (jest)


sumber : metro siantar
berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply