sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » » 70 Persen dari 2.016 KM Jalan di Simalungun Rusak


Garama ParRaya 4:37 AM 0

Pematangsiantar, (Analisa). Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM mengharapkan bantuan Komisi V DPR dalam melakukan kegiatan penataan insfrastruktur jalan di Kabupaten Simalungun.
Harapan itu disampaikan bupati ketika menerima kunjungan kerja Komisi V DPR di wilayah Kabupaten Simalungun, Senin (8/8) malam di Niagara Hotel Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

Dikatakan, Kabupaten Simalungun salah satu daerah terluas wilayahnya saat ini di Sumut dan memiliki panjang jalan berkisar 2.016 KM belum termasuk jalan-jalan kecamatan dan nagori dan kondisinya sangat memprihatinkan, hingga membutuh perhatian serius. "Jika dilihat dari kondisi yang ada, hanya sekitar 30 persen jalan yang dapat dilalui dan selebihnya rusak,"kata bupati

Bupati mengatakan, anggaran untuk perbaikan jalan sebesar Rp 7-10 miliar per tahun. "Dengan panjang jalan 2.016 KM dan kondisinya sebagian besar rusak, dana sebesar itu dirasa kurang cukup untuk mengoptimal infrastruktur jalan," ungkap bupati sembari berharap kepada Komisi V DPR untuk membantu memfasilitasi dan memperjuang perbaikan insfrastruktur jalan itu, hingga di tahun 2012 minimal 50 persen dari kondisi jalan itu sudah mengalami perbaikan.

Kepala. Bappeda Simalungun DR Ir Binsar Situmorang MSi MAP dalam ekposenya menjelaskan, program pembangunan Pemkab Simalungun sebagai skala prioritas untuk segera direalisasikan dalam waktu dekat.

Di antaranya, program pembangunan yang menjadi skala prioritas yaitu, pembangunan jalan alternatif Tanjung Dolok Aek Nauli-ke Nagori Girsang Parapat sepanjang 25 KM,, outher (jalan lingkar luar) Danau Toba di Simalungun, pengembangan kawasan industri Sei Mangke terutama pembangunan jalan dari Perdagangan-Lima Puluh, pembangunan terminal terpaadu di Pamatang Raya dan peningkatan serta pemeliharaan irigasi di kerasaan.

Ketua Komisi V DPR Nusyirwan Soejono ST menyampaikan apresiasi atas paparan Bupati Simalungun yang disampaikan secara singkat padat dan jelas.

"Kami bangga berkunjung di daerah ini, karena dari tujuan yang ingin kami peroleh, telah disampaikan secara terurai oleh bupati,"kata sembari meperkenalkan rombongan Komisi V yang melakukan kunker di Simalungun.

Nusyirwan dalam menyahuti program pembangunan yang disampaikan Pemkab Simalungun yang disampaikan Bappeda, mengatakan, pihaknya akan berupaya membantu Pemkab Simalungun dalam percepatan penataan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan pembangunan infrastruktur.

Kedatangan rombongan Komisi V DPR di Kabupaten Simalungun, diawali dengan acara berbuka puasa bersama dilanjutkan dengan salat maghrib dan santap malam dan diakhiri dengan penyematan ulos pamotting kepada rombongan Komisi V DPR yang datang ke daerah ini bersama Direktur bina pelaksana wilayah I Kementrian PU, Satker Wilayah I dan media terbitan pusat serta pemberian cendramata.(ama)

sumber :analisadaily
berita terbaru klik nasiam ijon
untuk versi mobile klik nasiam ijon

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply