sponsor

Select Menu

Favourite

Berita

Budaya

Berita Utama

Popular

Kategori Berita

Comments

Advertisement

Berita Pilihan

Newsletter

Hi There, I am

SLIDE1

Bupati Simalungun

Pematang Raya

Pematang Siantar

Pendidikan

Politik

Kaos Simalungun

VIDEO

» » » Penangkaran Bibit Kentang Dikembangkan di Raya


Garama ParRaya 8:38 AM 1


Beberapa petani saat melakukan pembiibitan kentang di penangkaran bibit kentang di Pamatang Raya, Selasa (20/1). (Ist)

SIMALUNGUN – Lembaga Talun Mandiri (LTM) mengembangkan penangkaran bibit kentang di Pamatang Raya. LTM sendiri merupakan satu-satunya lembaga swadaya masyarakat yang peduli terhadap petani di Simalungun.

Ketua LTM Ardin Saragih didampingi beberapa pendiri lainnya seperti Sudiahman Purba, Barment Saragih, J Damanik mengatakan, sebagai bentuk perhatian LTM, saat ini pihaknya sedang melakukan penangkaran bibit kentang G-0 di Pamatang Raya, tepatnya di Tambahan.
 Selain kentang, lembaga ini juga sedang menegmbangkan bibit jagung di Nagori Parjalangan daerah Pamurpuran di lahan seluas 1,5 ha.

Fungsi jagung dan kentang sama-sama penting bagi masyarakat. Dengan begitu, melalui penangkaran ini, petani bisa mendapatkan bibit berkualitas. Sementara pengembangan jagung merupakan penelitian singkat untuk memeroleh hasil tonase maksimal per hektar. Kita punya mitra yang siap menampung jagung puluhan ton per minggu, dengan harga yang sangat menjanjikan dan menguntungkan petani.

api kita harus mampu memenuhi permintaan mereka. Makanya, kita harus mengadakan telaah singkat agar target itu tercapai,” jelasnya. Mengenai kentang, Direktur eksekutif Lembaga Talun Mandiri Sendi Warto Purba menjelaskan, sejak sebulan lalu, LTM sudah memulai penangkaran kentang G-0 di Pamatang Raya, tepatnya di sekitar Tambahan, di depan Gereja GKPS 1903. Penangkaran ini bekerjasama dengan memberdayakan kelompok tani Sinalsal. Penangkaran yang dilakukan di Rumah Kassa ala kadarnya ini dimulai dengan penanaman 400 knol, Granola G-0. Dan sampai saat ini sudah dilakukan stek tanaman lebih kurang 700 pokok.

“Penangkaran perdana mudah-mudahan bisa menghasilkan sedikitnya 10.000 biji G-1 dan Maret mendatang sudah bisa dipanen. Setelah itu akan terus dilakukan penanaman G-0 berikut di lahan yang sama, dan sampai saat ini G-0 tersebut masih didatangkan dari Balitsa Jawa Barat. Kita punya target. Dalam beberapa tahun ke depan, Simalungun akan mampu bersaing dengan daerah lain penghasil bibit kentang yang selama ini berkuasa di Sumut termasuk Simalungun. Simalungun berpotensi sebagai penghasil bibit kentang seperti Pengalengan Bandung. Hanya saja, harus dilakukan denga serius,” bebernya. Penangkaran bibit kentang disambut antusias Bupati Simalungun JR Saragih. Dia mendukung penuh apa yang dilakukan LTM dan mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama membangun Simalungun.

“Ini patut diapresiasi. Apa yang bisa dilakukan, ayo kita lakukan dengan benar, yang penting untuk membangun Simalungun,” ucapnya. Selain di Pamatang Raya, penangkaran kentang juga telah dilakukan di Kecamatan Purba. Penangkaran dilakukan di lahan seluas 10 ha, yang diusahakan secara swadaya dan bekerjasama dengan beberapa pihak swasta, organisasi masyarakat, dan Pelpem GKPS. (SP/des)

Sumber :METROSIANTAR.com

BAGI HON NASSIAM BANI HASOMAN NASSIAM DA, DIATEI TUPA

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 komentar Penangkaran Bibit Kentang Dikembangkan di Raya